Indonesia Minta Bantuan Uni Eropa Wujudkan Kemerdekaan Palestina

Rahman Asmardika, Okezone · Rabu 02 Juni 2021 13:39 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 02 18 2418890 indonesia-minta-bantuan-uni-eropa-wujudkan-kemerdekaan-palestina-6VPEdpHn1m.jpg Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi berbincang dengan HRVP Uni Eropa Josep Borrell Fontelles di Jakarta, 2 Juni 2021. (Foto: Dok. Kemlu RI)

JAKARTA – Pemerintah Indonesia mengharapkan bantuan dari Uni Eropa dalam upaya mewujudkan kemerdekaan bagi bangsa dan rakyat Palestina. Hal itu demikian disampaikan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi usai pertemuan dengan Utusan Tinggi Uni Eropa untuk Urusan Luar Negeri dan Kebijakan Keamanan (HRVP) Josep Borrell Fontelles di Jakarta pada Rabu (2/6/2021).

Dalam pertemuan tersebut, kedua diplomat bertukar pikiran mengenai berbagai isu, termasuk mengenai Palestina.

BACA JUGA: Jaga Ketenangan Usai Gencatan Senjata, Pejabat PBB Melawat ke Gaza

Menlu Retno mengatakan bahwa Indonesia menyambut baik gencatan senjata yang disepakati oleh Israel dan Hamas di Gaza akhir bulan lalu dan berharap semua pihak dapat menjaga situasi tetap kondusif.

Indonesia menekankan pentingnya upaya mencegah terjadinya kembali kekerasan dan upaya untuk mengakhiri penjajahan Israel serta mewujudkan kemerdekaan Palestina melalui proses negosiasi yang kredibel.

“Indonesia mengharapkan peran dan dukungan UE (Uni Eropa) untuk mewujudkan kemerdekaan Palestina,” kata Menlu Retno.

HRVP Borrell menyatakan persetujuannya, mengatakan komunitas internasional harus mengambil tindakan nyata untuk mewujudkan Solusi Dua Negara untuk menyelesaikan konflik Palestina dan Israel.

BACA JUGA: Posting Gambar Rumah Sakit, Mengklaimnya Sebagai "Markas Hamas", Politikus Israel Dikecam

“Saya setuju solusi untuk masalah ini bagi rakyat Palestina adalah Solusi Dua Negara, tetapi kita tidak bisa terus menerus mengatakan Solusi Dua Negara sebagai kalimat kosong semata,” ujarnya.

“Kita harus lebih aktif untuk mendorong solusi ini menjadi kenyataan dan bukan kalimat yang tidak memperbaiki kondisi bagi rakyat Palestina,” tambahnya.

Lebih lanjut, HRVP Borrell mengatakan bahwa momen setelah gencatan senjata ini adalah saat yang baik untuk mendorong upaya tersebut.

Dalam pertemuan ini, Menlu Retno dan HRVP Borrell juga membahas berbagai isu lain termasuk pengadaan vaksin melalui inisiatif Covax, kerja sama ekonomi Indonesia - EU CEPA, dukungan kerja sama iklim, dan mengenai Indo-Pasifik.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini