Kapal Migran Tenggelam di Laut Merah, Mayat-Mayat Terdampar di Pantai Yaman

Rahman Asmardika, Okezone · Selasa 15 Juni 2021 15:05 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 15 18 2425516 kapal-migran-tenggelam-di-laut-merah-mayat-mayat-terdampar-di-pantai-yaman-WKuNfCaAPE.jpg Ilustrasi.

SEJUMLAH mayat terdampar di Ras al-Arah di pantai Laut Merah, Yaman pada Senin (14/6/2021) dari kapal migran yang diduga tenggelam di lepas pantai, kata seorang pejabat setempat.

Bentangan pantai itu terkenal dengan penyelundupan migran dari Tanduk Afrika ke Yaman.

Warga di Ras al-Arah mengatakan mayat-mayat telah terdampar saat fajar pada Senin. Sebuah kapal tenggelam sekitar 18 mil laut di lepas Pantai Al-Mokha, kata pejabat setempat.

BACA JUGA: Tetangga Mengeluh, Lonceng Gereja 'Dimatikan' untuk Pertama Kalinya dalam 111 Tahun

Perjalanan laut yang berbahaya dari negara-negara Tanduk Afrika termasuk Ethiopia, Eritrea, Somalia dan Djibouti, adalah bagian dari rute migrasi lama untuk membawa orang ke utara melalui Yaman ke negara-negara Teluk yang kaya untuk bekerja.

“IOM sedang memverifikasi laporan bahwa sebuah kapal yang membawa sejumlah besar migran dari Tanduk Afrika telah tenggelam di lepas pantai Yaman,” kata Badan PBB Organisasi Internasional untuk Migrasi (IOM) di Twitter.

"Tim IOM berada di lapangan dan siap untuk menanggapi kebutuhan setiap penyintas."

BACA JUGA: Video Pemenggalan Menjadi Viral di TikTok Buat Kaget Warganet

Tenggelam di jalur tersebut, yang dijalankan oleh penyelundup manusia, adalah hal biasa.

Dengan COVID-19 dan pembatasan keamanan yang memblokir rute ke negara-negara Teluk, beberapa migran bahkan melakukan perjalanan kembali ke Tanduk Afrika dari Yaman.

Yaman telah terperosok dalam kekerasan sejak koalisi pimpinan Saudi melakukan intervensi terhadap Houthi pada 2015, dengan 80% penduduk Yaman membutuhkan bantuan.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini