Sempat Bikin Heboh, Klaim Wanita yang Lahirkan Bayi 10 Bayi Kembar Ternyata Palsu

Rahman Asmardika, Okezone · Kamis 24 Juni 2021 14:28 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 24 18 2430290 sempat-bikin-heboh-klaim-wanita-yang-lahirkan-bayi-10-bayi-kembar-ternyata-palsu-YkLlYNT7N2.jpg Gosiame Tamara Sithole. (Foto: Mirror)

PRETORIA - Klaim bahwa wanita Afrika Selatan Gosiame Sithole melahirkan 10 bayi awal bulan ini tidak benar, demikian menurut penyelidikan resmi.

Pemerintah provinsi mengatakan bahwa tidak ada rumah sakit di Provinsi Gauteng yang memiliki catatan kelahiran decuplet atau bayi kembar 10. Selain itu tes medis menunjukkan bahwa Sithole bahkan belum hamil baru-baru ini.

BACA JUGA: Wanita yang Melahirkan 10 Bayi Kembar, Suami: Hoaks

Wanita berusia 37 tahun itu sekarang ditahan di bawah undang-undang kesehatan mental untuk observasi dan akan diberikan bantuan.

Pernyataan itu tidak merinci alasan di balik pembuatan cerita tersebut. Independent Online (IOL), grup media yang memiliki Pretoria News yang pertama kali melaporkan berita tersebut, telah bersikeras membenarkan pemberitaanya.

IOL mengklaim Sithole melahirkan anak-anak pada 7 Juni di Rumah Sakit Akademik Steve Biko (SBAH) di Ibu Kota, Pretoria, mengatakan bahwa staf tidak siap menangani kelahiran kembar 10. Ia menuduh rumah sakit dan otoritas kesehatan provinsi berusaha menutupi kelalaian medis.

"Tuduhan ini salah, tidak berdasar dan hanya berfungsi untuk menodai reputasi baik Rumah Sakit Akademik Steve Biko dan Pemerintah Provinsi Gauteng," kata pernyataan resmi pemerintah provinsi.

Dikatakan juga bahwa akan ada tindakan hukum akan diambil terhadap Pemimpin Redaksi Pretoria News, Piet Rampedi, dan IOL. 

BACA JUGA: Diduga Mengarang Cerita, Wanita yang Lahirkan 10 Bayi Kembar Diperiksa Kejiwaannya

Sithole, yang memiliki anak kembar berusia enam tahun, dan pasangannya Teboho Tsoetsi tinggal di Thembisa, sebuah kota dengan banyak penduduk kelas pekerja di Provinsi Gauteng dekat Johannesburg. 

Menurut IOL, mereka menghadiri gereja yang sama dengan Rampedi di mana dia diperkenalkan kepada mereka pada Desember. Pada Mei diduga dia mewawancarai pasangan yang mengatakan mereka mengharapkan delapan bayi - pemotretan menunjukkan Sithole tampak hamil besar.

Kelahiran kejutan 10 bayi diumumkan oleh Pretoria News pada 8 Juni mengutip Tsoetsi sebagai sumbernya. Dia kemudian mengatakan telah menerima pesan teks dari rekannya yang memberi tahu dia tentang hal itu, menambahkan bahwa dia tidak diizinkan di rumah sakit karena pembatasan virus corona.

Rampedi juga mengandalkan pesan WhatsApp, dan tidak mendapatkan konfirmasi independen dari rumah sakit tentang cerita tersebut.

Walikota lokal mereka kemudian mengkonfirmasi kelahiran, yang mana media lain, termasuk BBC, menerbitkan cerita, tetapi juru bicara pemerintah kemudian mengatakan politisi hanya memiliki kata-kata keluarga dan belum ada yang melihat bayi-bayi tersebut.

Sumbangan mulai membanjiri pasangan dan bayi mereka yang dilaporkan, dijuluki "Thembisa 10", termasuk 1 juta rand (sekira Rp1 miliar) dari ketua IOL Iqbal Survé. 

Namun cerita itu menimbulkan kecurigaan setelah Pretoria News awalnya gagal mengungkapkan rumah sakit tempat bayi-bayi itu dilahirkan dan serangkaian rumah sakit di Gauteng keluar untuk menyangkal keterlibatan mereka. Sepuluh hari setelah dugaan kelahiran, IOL membuat tuduhan terhadap SBAH.

Pasangan itu tampaknya berselisih setelah Tsotetsi melaporkan dia hilang dan meminta orang-orang untuk menghentikan sumbangan seminggu kemudian, sementara Sithole menuduhnya ingin mendapatkan keuntungan finansial dari bayi-bayi itu, Pretoria News melaporkan.

Sementara itu pekerja sosial berhasil melacak Sithole dan dia dirawat di rumah sakit untuk menjalani tes Jumat (18/6/2021) lalu, kata otoritas Provinsi Gauteng.

Sebuah memo bocor yang dilihat oleh News24 menuduh bahwa Rampedi baru-baru ini meminta maaf kepada IOL atas "kerusakan reputasi" yang disebabkan oleh cerita tersebut kepada kelompok tersebut, dengan mengatakan bahwa dia seharusnya memperlakukannya lebih seperti bagian investigasi daripada "cerita yang menyenangkan".

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini