Masuk Perkampungan, Harimau Sumatera Terkam 2 Ekor Kambing Ternak Warga

Banda Haruddin Tanjung, Okezone · Minggu 27 Juni 2021 18:15 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 27 340 2431656 masuk-perkampungan-harimau-sumatera-terkam-2-ekor-kambing-ternak-warga-UYEmDtEvUY.jpg ilustrasi. (Foto: Reuters)

PEKANBARU- Kemunculan dua ekor harimau Sumatera (Panthera Tigris Sumatrae) yang memangsa hewan ternak telah meresahkan warga Dusun Tiga Desa Teluk Lanus Kecamatan Sungai Apit Kabupaten Siak, Riau.

Warga segera melaporkan kemunculan 'Si Datuk', julukan untuk harimau, ke pihak Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau. BBKSDA pun segera pengirim tim ke lokasi.

BACA JUGA: 3 Harimau Sumatera Berkeliaran, 2 Ekor Kambing Mati Diduga Dimangsa

"Kemunculan harimau ke pemukiman itu dilaporkan oleh kepada desa setempat atau penghulu," kata Kepala Bidang BBKSDA Wilayah II Riau, Heru Sutmantoro Minggu (27/6/2021).

Dari keterangan di lokasi, bahwa ada dua ekor kambing yang diterkam harimau. Namun tidak seluruh tubuh kambing itu dimangsa 'Si Belang'.

"Dua ekor kambing yang dimangsa berada kandang pada dua lokasi yang berbeda," imbuhnya.

Berdasarkan obserbavasi tim, dipastikan memang yang memangsa itu diduga kuat adalah harimau sumatera. BBKSDA belum bisa memastikan apakah harimau yang memangsa itu merupakan hewan yang beberapa waktu lalu terekam warga muncul di pemukiman.

BACA JUGA: Positif Covid-19 Seekor Harimau Kebun Binatang Disuntik Mati

"Berdasarkan pengamatan dari foto jejak, dipastikan binatang buas yang menyerang ternak warga tersebut adalah harimau Sumatera dan diperkirakan satu individu," tukasnya.

Konflik harimau dan manusia sering terjadi di Riau. Hal ini dipicu karena semakin menyempitnya hutan habitat harimau yang beralih fungsi menjadi Hutan Tanaman Industri (HTI) milik dua perusahaan raksasa di Riau PT RAPP dan PT IKPP.

Beberapa kasus ditemukan harimau mati di areal kedua perusahaan industri bubur kertas itu. Keberadaan perusahaan sawit milik para cukong, perusahaan sawit raksasa, serta pemukiman semakin menyempitnya jelajah harimau.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini