Banjir Musiman India Hanyutkan Puluhan Mayat Korban Covid ke Sungai Gangga

Rahman Asmardika, Okezone · Selasa 29 Juni 2021 10:27 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 29 18 2432459 banjir-musiman-india-hanyutkan-puluhan-mayat-korban-covid-ke-sungai-gangga-7gqHesrOrw.jpg Sungai Gangga. (Foto: Twitter)

LUCKNOW - Banjir musiman di Negara Bagian Uttar Pradesh di India utara telah menghanyutkan puluhan mayat di Sungai Gangga yang telah dikubur di tepi sungai suci itu, di tengah gelombang infeksi Covid-19 baru-baru ini.

Rekaman video dari beberapa hari terakhir menunjukkan mayat yang dibungkus kain muncul ke permukaan air dan dibawa ke Sungai Gangga, sebuah sungai yang dihormati oleh umat Hindu sebagai tempat suci. Banyak mayat yang dimakamkan di tepi sungai dilaporkan berasal dari keluarga miskin, yang kerabatnya tidak mampu membeli kayu bakar yang cukup untuk kremasi tradisional.

BACA JUGA: Kuburan Massal di Bantaran Sungai Gangga Ancam Kehidupan 400 Juta Warga India

Neeraj Kumar Singh, seorang pejabat Kota Allahabad (Prayagraj) di utara Uttar Pradesh, mengatakan hampir 150 mayat perlu dikremasi dalam tiga minggu terakhir setelah ditemukan di atau dekat sungai.

"Wilayah itu tersebar lebih dari satu kilometer dan perkiraan kami ada sekitar 500-600 mayat yang terkubur," katanya seperti dikutip AFP.

"Setiap tindakan pencegahan diambil dalam menangani jenazah saat melakukan ritual terakhir mereka," tambahnya.

BACA JUGA: Sungai Suci Gangga Berubah Hijau, Timbulkan Kepanikan di Negara Bagian India

Penemuan suram itu terjadi setelah India dicengkeram oleh lonjakan infeksi Covid-19 yang menghancurkan antara April dan Mei, yang menyebabkan beberapa rumah sakit kehabisan tempat tidur dan pasokan oksigen.

Beberapa krematorium di negara itu terpaksa mengadakan pembakaran massal karena jumlah orang yang meninggal akibat virus meningkat.

Lebih dari 396.000 orang telah meninggal karena Covid-19 di India hingga saat ini dalam pandemi, menurut jumlah kematian resmi negara itu.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini