Share

Terjerat Kasus Korupsi, Mantan Presiden Afrika Selatan Serahkan Diri ke Polisi

Susi Susanti, Koran SI · Kamis 08 Juli 2021 07:11 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 08 18 2437253 terjerat-kasus-korupsi-mantan-presiden-afrika-selatan-serahkan-diri-ke-polisi-iVkeIzohWP.jpg Mantan Presiden Afrika Selatan Jacob Zuma (Foto: EPA)

AFRIKA SELATAN - Mantan Presiden Afrika Selatan Jacob Zuma telah menyerahkan diri ke polisi. Yayasan milik Zuma mengatakan pada Rabu (7/7), Zuma, 79, sedang dalam perjalanan untuk menyerahkan dirinya ke Fasilitas Layanan Pemasyarakatan.

Hal ini terjadi setelah Mahkamah Konstitusi negara itu menghukumnya dengan hukuman penjara 15 bulan karena penghinaan terhadap pengadilan setelah ia gagal menghadiri penyelidikan korupsi.

Zuma terpaksa mengundurkan diri pada 2018 setelah sembilan tahun berkuasa.

Seperti diketahui, Zuma telah dijatuhi hukuman 15 bulan penjara oleh pengadilan tertinggi di negara itu. Zuma diberi waktu lima hari untuk menyerahkan diri ke polisi, sebelum kepolisian memerintahkan penangkapannya.

(Baca juga: Biarkan Ratusan Domba Sakit, 226 Ekor Disuntik Mati, Peternak Ini Dihukum Tahanan Rumah)

Hukuman penjara itu dijatuhkan setelah Mahkamah Konstitusi memutuskan Zuma bersalah atas penghinaan karena menentang perintahnya untuk hadir dalam penyelidikan korupsi saat dia menjadi Presiden.

Masa kekuasaan Zuma, yang berakhir pada 2018, dirundung tuduhan korupsi. Pengusaha dituduh berkonspirasi dengan politisi untuk mempengaruhi proses pengambilan keputusan.

Mantan presiden itu muncul satu kali dalam penyelidikan atas apa yang kemudian dikenal sebagai "penangkapan negara" tetapi kemudian menolak untuk muncul kemudian.

(Baca juga: Dunia Arab Perkenalkan Astronot Perempuan Pertama)

Penyelidikan, yang dipimpin oleh Hakim Raymond Zondo, meminta Mahkamah Konstitusi untuk campur tangan.

Baca Juga: Dukung Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan, Kabupaten Morowali Hibahkan Tanah ke KKP

(sst)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini