Perjuangan Bangsa Palestina Jadi Prioritas Penting Diplomasi Mesir

Rahman Asmardika, Okezone · Senin 12 Juli 2021 14:33 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 12 18 2439378 perjuangan-bangsa-palestina-jadi-prioritas-penting-diplomasi-mesir-nnToi4nXxN.JPG Duta Besar Mesir untuk Indonesia Ashraf M Sultan berbincang dalam wawancara dengan MNC Portal Indonesia. (Foto: Faisal/MPI)

JAKARTA – Memperjuangkan nasib bangsa Palestina menjadi salah satu prioritas terpenting dalam diplomasi luar negeri Mesir. Duta Besar Mesir untuk Indonesia Ashraf M. Sultan menegaskan bahwa isu Palestina selalu menjadi agenda dalam kebijakan Mesir bahkan setelah Mesir menyepakati perjanjian damai dengan Israel.

“Perjuangan Palestina adalah prioritas yang sangat tinggi dalam diplomasi Mesir sejak lama. Sejak kami memiliki perjanjian damai dengan israel sejak pertengahan tahun 70-an kami tidak pernah mengabaikannya.

BACA JUGA: Persahabatan Presiden Soekarno dan Gamal Abdel Nasser Dorong Hubungan Indonesia-Mesir 

“Kami tidak pernah merasa bahwa ini (perjuangan Bangsa Palestina) bukan tanggung jawab kami, sebaliknya, karena ini selalu ada dalam agenda,” lanjutnya.

Mesir berperan penting dalam menjadi penengah dalam pembicaraan antara Palestina dan Israel, terutama dalam beberapa tahun terakhir. Pada Mei, Mesir menengahi perjanjian gencatan senjata antara Israel dengan faksi Hamas di Gaza, mengakhiri konflik yang menewaskan lebih dari 250 warga Palestina dan belasan warga Israel.

Dubes Ashraf mengatakan bahwa Mesir mempertahankan dialog dengan semua pihak, baik Palestina dan Israel. Jika ada isu yang muncul, seperti saat terjadinya konflik di Gaza, Mesir akan berkoordinasi dengan mitra kawasan dan regionalnya untuk berupaya menyelesaikan konflik dan mengembalikan perdamaian.

BACA JUGA: Dubes Ashraf: Komunitas Pelajar Indonesia Adalah yang Terbesar di Mesir

Mesir, menurut Dubes Ashraf, akan terus berupaya mencari solusi bagi Bangsa Palestina dan mendorong perdamaian di kawasan.

“Penting bagi kami untuk menemukan solusi untuk perjuangan ini dan kami akan selalu bekerja ke arah ini. Kami selalu mendorong perdamaian, ini adalah keyakinan kami, dan kami akan terus melakukannya,” tutup Dubes Ashraf.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini