Diguncang Gempa M5,9, Warga Sulteng Berhamburan ke Luar Rumah

Tim Okezone, Okezone · Senin 26 Juli 2021 12:10 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 26 340 2446061 diguncang-gempa-m5-9-warga-sulteng-berhamburan-ke-luar-rumah-wxCWtAVI0v.jpg Ilustrasi (Foto: Ist)

JAKARTA - Gempa berkekuatan Magnitudo M5,9 mengguncang Tojo Una Una, Sulawesi Tengah, pada Senin (26/7/2021). Namun, tak berpotensi tsunami.

Kepala Bidang Mitigasi Gempabumi dan Tsunami Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Daryono, mengatakan, akibat gempa tersebut, warga berhamburan ke luar rumah.

"Dirasakan kuat mencapai III-IV MMI, hingga warga berhamburan lari ke luar rumah," tulisnya melalui akun @DaryonoBMKG. 

Baca Juga: Gempa M5,9 di Tojo Una-Una Sulteng, Kedalaman 10 Km

Guncangan ini dirasakan di Ampana dalam skala intensitas III-IV MMI. Sedangkan di Poso dan Wakai dirasakan dalam III MMI. Di Malili dan Palu dalam II-III MMI. Guncangan dirasakan hingga Toli-Toli dalam skala intenitas II MMI.

Selain itu, dirinya mengatakan, dengan memperhatikan peta tingkat gucangan tampak muncul warna yang mendekati kuning di Tojo Una Una - Banggai dengan intensitas mencapai V MMI, bangunan lemah bisa mengalami kerusakan. Untuk itu, pihaknya menyarankan agar menginformasikan jika ada laporan kerusakan.

Gempa yang terjadi pada pukul 10:52:03 WIB terletak pada koordinat 0,74° LS ; 121,88° BT di laut pada jarak 55 km arah Timur Laut Kabupaten Tojo Una-Una, Sulawesi Tengah pada kedalaman 10 km.

"Akibat dipicu oleh aktivitas sesar aktif di dasar laut dengan mekanimse turun (normal fault)," tuturnya.

Baca Juga: Gempa M5,9 Guncang Sulteng, Tidak Berpotensi Tsunami

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini