Ledakan di Kawasan Industri Kimia Jerman Tewaskan 2 Korban, Beberapa Orang Hilang

Rahman Asmardika, Okezone · Rabu 28 Juli 2021 10:20 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 28 18 2447129 ledakan-di-kawasan-industri-kimia-jerman-tewaskan-2-korban-beberapa-orang-hilang-bAXZusn9oL.JPG Foto: Reuters.

BERLIN - Sebuah ledakan di kawasan industri Jerman pada Selasa (27/7/2021) menewaskan setidaknya dua orang dan melukai 31 lainnya, dengan beberapa orang dilaporkan masih hilang. Ledakan itu memicu kobaran api hebat yang mengepulkan asap ke langit Kota Leverkusen. 

Layanan darurat membutuhkan waktu tiga jam untuk memadamkan api di Chempark,sebuah kawasan industri untuk perusahaan kimia, termasuk Bayer dan Lanxess. Api berkobar setelah ledakan terjadi pada pukul 09:40 waktu setempat.

BACA JUGA: Ledakan Besar Guncang Kawasan Industri Kimia di Leverkusen, Jerman 

"Belasungkawa saya bersama yang terluka dan dengan orang-orang terkasih," kata Kepala Chempark Lars Friedrich sebagaimana dilansir Reuters. "Kami masih mencari orang-orang yang hilang, tetapi harapan untuk menemukan mereka dalam keadaan hidup memudar," tambahnya.

Polisi mengatakan lima dari 31 orang yang terluka terkena dampak cukup serius sehingga membutuhkan perawatan intensif.

BACA JUGA: Ledakan Industri Kimia di Jerman Disebut Sebagai Ancaman Ekstrem

"Ini adalah momen tragis bagi Kota Leverkusen," kata Wali Kota Leverkusen Uwe Richrath. Leverkusen terletak di utara Cologne.

Polisi telah menutup beberapa jalan raya di sekitar lokasi dan meminta penduduk di dekatnya untuk tinggal di rumah mereka. Warga diminta menutup pintu dan jendela, serta mematikan sistem pendingin udara untuk mengantisipasi kemungkinan gas beracun.

Sejauh ini belum diketahui apa yang menyebabkan ledakan, namun diduga berkaitan dengan kebakaran di sebuah tangki berisi pelarut.

"Pelarut terbakar selama insiden itu, dan kami tidak tahu persis zat apa yang dilepaskan," tambah Friedrich. "Kami sedang memeriksa ini dengan pihak berwenang, mengambil sampel."

Sirene dan peringatan darurat pada aplikasi ponsel badan perlindungan sipil Jerman memperingatkan warga akan "bahaya ekstrem".

Lebih dari 30 perusahaan beroperasi di lokasi Chempark di Leverkusen, termasuk Covestro, Bayer, Lanxess, dan Arlanxeo.

Pada 2019 Bayer dan Lanxess menjual hak operator Chempark Currenta ke Macquarie Infrastructure and Real Assets dengan nilai perusahaan sebesar 3,5 miliar euro.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini