Dilaporkan Hilang, Pimpinan LSM Belarusia Ditemukan Tewas Gantung Diri di Ukraina

Rahman Asmardika, Okezone · Selasa 03 Agustus 2021 14:44 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 03 18 2450190 dilaporkan-hilang-pimpinan-lsm-belarusia-ditemukan-tewas-gantung-diri-di-ukraina-Ynzy79FZXt.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

KIEV – Pimpinan sebuah organisasi non-pemerintah Belarusia ditemukan tewas gantung diri di sebuah taman di Kiev, Ukraina pada Senin (2/8/2021). Vitaly Shisov telah dilaporkan hilang pada Senin ketika dia pergi lari pagi.

"Warga Belarusia Vitaly Shishov, yang hilang di Kyiv kemarin, hari ini ditemukan gantung diri di salah satu taman Kiev, tidak jauh dari tempat tinggalnya," kata polisi dalam sebuah pernyataan sebagaimana dilansir Deutsche Welle.

BACA JUGA: Aktivis Belarusia "Tusuk Leher" di Pengadilan dengan Pulpen 

Pihak berwenang mengatakan telah membuka penyelidikan pembunuhan terkait kematian Shisov, menambahkan bahwa mereka menyelidiki semua petunjuk, termasuk kemungkinan pembunuhan yang disamarkan sebagai bunuh diri.

Shishov mengepalai Rumah Belarusia di Ukraina (BDU) yang berbasis di Kyiv, sebuah organisasi yang membantu warga Belarusia yang mencoba melarikan diri dari penganiayaan dan persekusi di negaranya. Organisasi itu membantu mereka menemukan akomodasi, pekerjaan, dan layanan hukum.

BACA JUGA: Video Presiden Lukashenko Tenteng AK-47 Beredar di Tengah Protes Belarusia

Pihak berwenang polisi mengatakan dia dilaporkan hilang oleh rekannya ketika dia tidak kembali dari lari pagi dan tidak menanggapi panggilan di ponselnya.

Organisasi hak asasi manusia Vyasna mengatakan teman-teman Shishov-nya mengatakan dia telah diikuti oleh "orang asing" baru-baru ini, saat sedang jogging.

Ukraina, seperti Polandia dan Lithuania, telah menjadi surga bagi warga Belarusia, menyusul tindakan keras terhadap perbedaan pendapat di negara asal mereka oleh Presiden Aleksandr Lukashenko.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini