UMNO Tarik Dukungan untuk PM Muhyiddin, Menteri ESDM Malaysia Mundur

Rahman Asmardika, Okezone · Rabu 04 Agustus 2021 16:55 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 04 18 2450889 umno-tarik-dukungan-untuk-pm-muhyiddin-menteri-esdm-malaysia-mundur-1ZxeHYWYzt.JPG Perdana Menteri Malaysia Muhyiddin Yassin menerima tekanan yang menguat menuntut dirinya mundur dari kekuasaan. (Foto: Reuters)

KUALA LUMPUR – Politikus UMNO Datuk Seri Shamsul Anuar Nasarah mengundurkan diri dari jabatannya sebagai menteri energi dan sumber daya alam (ESDM) Malaysia pada Selasa (3/8/2021). Langkah itu diambil Nasarah setelah UMNO menarik dukungan untuk Perdana Menteri Muhyiddin Yassin.

“Dengan mempertimbangkan beberapa keputusan dan pendirian partai, sebagai anggota UMNO yang taat dan setia kepada partai, saya dengan ini mengundurkan diri sebagai anggota Kabinet Menteri Pemerintah Federal,” kata Nasarah dalam sebuah pernyataan sebagaimana dilansir Malay Mail.

BACA JUGA: Nasibnya di Ujung Tanduk, PM Malaysia Menolak Mundur

“Saya berterima kasih kepada semua pihak dan seluruh jajaran Kementerian ESDM. Fokus saya setelah ini adalah fokus pada tugas saya sebagai anggota DPR untuk Lenggong dan membantu memperkuat partai dalam menghadapi situasi politik yang semakin menantang,” katanya dalam pernyataan itu.

Pada 25 Juli, presiden UMNO Datuk Seri Ahmad Zahid Hamidi mengatakan partai telah memutuskan bahwa semua menteri, wakil menteri dan kepala perusahaan terkait pemerintah akan melepaskan posisi mereka jika Undang-undang Darurat yang diberlakukan untuk menahan penyebaran Covid-19 tetap berlaku setelah 1 Agustus.

BACA JUGA: Viral Netizen Malaysia Ramai-Ramai Ajak Kibarkan Bendera Putih di Rumah 

Posisi Muhyiddin di puncak kekuasaan telah genting sejak dia dilantik menjadi perdana menteri pada Maret 2020. Namun, Raja Malaysia sampai sekarang masih membantunya bertahan untuk menghindari kekacauan politik di saat negara itu berjuang melawan lonjakan infeksi Covid-19 dan dampak ekonomi dari penguncian.

Pada Rabu (4/8/2021) Muhyiddin menentang desakan agar dirinya mundur dan mengatakan akan membuktikan legitimasinya sebagai perdana menteri saat parlemen Malaysia kembali bersidang pada September.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini