Misteri Makam Dasamuka yang Suka Mabuk di Kawah Gunung Ungaran

Agregasi Solopos, · Jum'at 06 Agustus 2021 15:50 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 06 512 2451962 misteri-makam-dasamuka-yang-suka-mabuk-di-kawah-gunung-ungaran-d37rWg35El.jpg Gunung Ungaran (Foto : Solopos)

UNGARAN – Sebanyak tiga pendaki asal Tengaran, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, dilaporkan hilang di Gunung Ungaran, Jumat (6/8/2021). Mereka hilang seusai melakukan ritual di Sendang Suroloyo pada Rabu 4 Agustus 2021.

Sebagai informasi, Gunung Ungaran tingginya sekitar 2.050 meter yang tergolong masih aktif. Masyarakat setempat meyakini ada makam Dasamuka di lereng gunung ini, tepatnya di antara jajaran candi yang terdapat kawah berbau belerang. Kawah belerang inilah yang diyakini sebagai makam Dasamuka.

Konon Dasamuka yang suka mabuk, dikubur di kawah ini oleh Hanoman dalam perang besar memperebutkan Dewi Sinta seperti dalam kisah Ramayana. Dalam perang itu, Dasamuka yang sakti tidak bisa mati meski diserang dengan berbagai senjata oleh Rama.

Melihat itu, Hanoman yang anak dewa kemudian mengangkat sebuah gunung untuk menimbun tubuh Dasamuka. Jadilah Dasamuka tertimbun hidup-hidup oleh gunung yang kemudian hari disebut sebagai Gunung Ungaran.

Baca Juga : Diduga Tersesat, 3 Pendaki Gunung Ungaran Hilang

Hanoman sendiri kemudian berdiam di Gunung Telomoyo di Magelang untuk mengawasi Dasamuka jika sewaktu-waktu bangkit. Dasamuka bisa bangkit jika mencium bau minuman keras.

Pada masa hidupnya konon Dasamuka gemar minum minuman keras hingga siapapun yang datang ke Gunung Ungaran dengan membawa minuman keras akan membangkitkan nafsu Dasamuka. Hal ini membuat masyarakat setempat (dulu) tidak berani minum minuman keras di areal Candi Gedong Songo.

Dasamuka yang tertimbun hidup-hidup di dasar Gunung Ungaran setiap hari mengeluarkan rintihan berupa suara menggelegak yang sebenarnya berasal dari sumber air panas yang terdapat di situ.

Mencium aroma miras erangan Dasamuka makin menjadi-jadi, ditandai sumber air panas makin menggelegak. Kalau sampai tubuh Dasamuka bergerak-gerak bahkan bisa menimbulkan gempa kecil.

Sumber air panas yang mengandung belerang itu akhirnya kini menjadi tempat mandi untuk menghilangkan beberapa penyakit kulit.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini