Share

Guinea Konfirmasi Kasus Pertama Virus Marburg, WHO Lakukan Penyelidikan

Rahman Asmardika, Okezone · Selasa 10 Agustus 2021 15:39 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 10 18 2453703 guinea-konfirmasi-kasus-pertama-virus-marburg-who-lakukan-penyelidikan-9bQIZmM6wF.jpg Foto: Reuters.

CONAKRY - Guinea telah mengonfirmasi kasus pertama virus Marburg, yang menyebabkan demam dengan pendarahan parah, pada manusia, demikian disampaikan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada Senin (8/8/2021). WHO mengatakan timnya telah berada di lapangan untuk menyelidiki kasus itu.

Pekan lalu, kementerian kesehatan negara Afrika itu mengumumkan bahwa kasus yang dicurigai sebagai virus Marburg telah dikonfirmasi di wilayahnya.

BACA JUGA: 'Kapal Matahari' Milik Firaun Dipindahkan ke Museum Giza di Mesir 

"Otoritas kesehatan di Guinea hari ini mengkonfirmasi kasus penyakit virus Marburg di Prefektur Gueckedou selatan. Ini adalah pertama kalinya Marburg, penyakit yang sangat menular yang menyebabkan demam berdarah, telah diidentifikasi di negara itu, dan di Afrika Barat," demikian disampaikan WHO Kantor Regional untuk Afrika dalam sebuah pernyataan yang dilansir Sputnik.

Pasien pertama yang dikonfirmasi telah meninggal karena penyakit tersebut dan upaya sedang dilakukan untuk menemukan orang-orang yang melakukan kontak dengannya. Otoritas kesehatan negara itu memulai kampanye untuk meningkatkan kesadaran dan memobilisasi dukungan publik untuk membendung potensi wabah.

BACA JUGA: PBB Kutuk Pernikahan Anak-Anak Usai Seorang Gadis Meninggal Setelah Melahirkan

"Sebuah tim awal yang terdiri dari 10 ahli WHO, termasuk ahli epidemiologi dan sosio-antropolog berada di lapangan untuk membantu menyelidiki kasus ini dan mendukung otoritas kesehatan nasional untuk segera meningkatkan tanggap darurat, termasuk penilaian risiko, pengawasan penyakit, mobilisasi masyarakat, pengujian, pemeriksaan klinis. perawatan, pencegahan infeksi serta dukungan logistik," tambah organisasi itu.

Baca Juga: Peringati Hari Lahir Pancasila, Pengawas KKP Lakukan Upacara Bawah Laut

Demam berdarah Marburg, yang sangat dekat dengan Ebola, adalah penyakit yang sangat mematikan yang tidak memiliki pengobatan khusus. Kelelawar buah Mesir diyakini sebagai pembawa virus alami, yang dapat ditularkan ke manusia dan juga dari manusia ke manusia.

Virus ini dinamai mengikuti Kota Marburg di Jerman, yang laboratoriumnya melihat wabah pertama yang tercatat pada 1967, ketika beberapa karyawannya tertular penyakit itu setelah kontak dengan monyet grivet yang terinfeksi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini