Warga Kepulauan Talaud Sulawesi Utara Tak Panik Saat Gempa M 7,1 Terjadi

Tim Okezone, Okezone · Kamis 12 Agustus 2021 07:55 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 12 340 2454371 warga-kepulauan-talaud-sulawesi-utara-tak-panik-saat-gempa-m-7-1-terjadi-M0gR4EzjyL.jpg Ilustrasi.(Foto:BPBD Talaud)

JAKARTA Gempa dengan magnitudo (M)7,1 terjadi pada Kamis dini hari (12/8) pukul 00.46 WIB. Guncangan cukup kuat dirasakan warga Kabupaten Kepulauan Talaud, Provinsi Sulawesi Utara. Meskipun dirasakan kuat, masyarakat setempat tidak mengalami kepanikan.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kepulauan Talaud menginformasikan, guncangan dirasakan masyarakat setempat selama 3 hingga 4 detik. BPBD juga melaporkan bahwa situasi aman dan terkendali saat ini. Di samping itu, belum ada laporan dampak yang disebabkan oleh fenomena alam tersebut.

Parameter gempa dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat pusat gempa M7,1 ini berada di laut, 267 km timur laut Melanguane dengan kedalaman 51 km. Berdasarkan pemodelan, gempa tidak berpotensi tsunami.

Baca Juga: Gempa M7,1 Guncang Melonguane Sulawesi Utara

Dilihat pada kekuatan gempa yang diukur dengan skala MMI atau Modified Mercalli Intensity, wilayah Kepulauan Talaud berada pada IV MMI, sedangkan Sangihe dan Bitung pada II – III MMI.

Skala IV MMI menggambarkan guncangan dirasakan oleh banyak orang di dalam rumah atau beberapa orang di luar rumah, dan gerabah pecah, jendela atau pintu berderik dan dinding berbunyi. Semakin tinggi skala MMI, potensi dampak bisa semakin besar.

(saz)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini