Share

5 Titik Longsor di Agam Sumbar, Akses Jalan Terputus

Rus Akbar, Okezone · Rabu 18 Agustus 2021 11:29 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 18 340 2457155 5-titik-longsor-di-agam-sumbar-akses-jalan-terputus-k6zxr46Iox.jpg Lima titik longsor di Agam, Sumbar, mengakibatkan jalan terputus. (Ist)

AGAM - Tebing-tebing di Jorong Tanjung Sani dan Jorong Pandan Nagari Tanjung Sani, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, Sumatera Barat, longsor. Material longsor itu mengakibatkan jalan tertutup sehingga tidak bisa dilalui kendaraan roda dua dan empat.

“Ada lima titik longsor di dua jorong dalam satu nagari, membuat jalan di wilayah tersebut tidak bisa dilewati,” ujar Kabid Kedaruratan dan Logistik, BPBD Agam, Syafrizal, Rabu (18/8/2021).

Syafrizal menyebut, material longsor membawa kayu dan batu sehingga akses jalan tidak bisa dilewati kendaraan. “Selain menutupi akses jalan aliran anak sungai ke Danau Maninjau tertutup oleh kayu dan batu sehingga dibutuhkan alat ekskavator,” ucapnya.

Lima titik yang longsor tersebut terjadi 17 Agustus 2021 sekira pukul 19.00 WIB, penyebabnya curah hujan yang tinggi.

“Tidak ada kerusakan rumah akibat longsor tersebut termasuk korban jiwa. Namun, diminta kepada masyarakat yang melintasi daerah Tanjung Sani untuk berhati-hati apalagi kondisi hujan sebab daerah tersebut sangat rawan terjadi longsor,” ucap Syafrizal.

Lima titik longsor tersebut di Jorong Tanjung Sani ada empat titik. Titik pertama panjang 10 meter, tingginya 40 sentimeter, sampai 1. Titik kedua dan ketiga panjang longsornya ada 1,5 meter dengan tinggi 40 centimeter, kemudian di titik keempat bahu jalan amblas sepanjang 7 meter.

Baca Juga : Longsor di Tarakan, Seorang Warga Meninggal Dunia

Di Jorong Panda ada satu titik dengan kondisi panjang longsoran sekira 50 meter dan tinggi timbunan 25 centimeter sampai 1 meter. “Sampai pukul 03.05 WIB setelah dikerahkan alat berat jalan tersebut sudah bisa dilintasi,” tuturnya.

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini