Napi Ketakutan hingga Meronta-ronta saat Disuntik Vaksin

Ahmad Ridwan Nasution, iNews · Senin 23 Agustus 2021 15:34 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 23 608 2459746 napi-ketakutan-hingga-meronta-ronta-saat-disuntik-vaksin-ffSU4TmVFX.jpg Napi takut disuntik vaksin. (Foto : iNews/Ahmad Ridwan Nasution)

MEDAN – Seorang narapidana (napi) di Lapas Tanjung Gusta, Medan, Sumatera Utara, takut hingga meronta-ronta saat akan disuntik vaksin. Vaksinasi terhadap napi dan tahanan di Lapas dan Rutan Tanjung Gusta tersebut digelar hari ini, Senin (23/8/2021).

Salah seorang narapidana penerima vaksin ketakutan saat akan disuntik. Pria berusia 35 tahun itu panik. Bahkan ia harus ditenangkan oleh tiga tenaga medis. Sebelum disuntik, vaksinator menutupi mata narapidana ini menggunakan masker yang dikenakannya.

Sementara itu, seorang warga binaan senang bisa menjalani vaksinasi. Ia mengaku untuk bisa mengikuti vaksinasi hanya perlu menyerahkan data sebagai persyaratan untuk mendaftar. “Senang bisa divaksin karena di luar sana kita belum tentu bisa seperti ini,” kata warga binaan, Syahriyal.

Diketahui, vaksinasi ini digelar menyasar 2 ribu napi dan tahanan. Vaksinasi itu memprioritaskan warga binaan lanjut usia, rehabilitasi, dan pendamping tahanan.

Sebelum divaksin, warga binaan lebih dulu menjalani pemeriksaan kesehatan. Puluhan nakes dari bidokkes polda sumut menjadi vaksinator.

Sementara itu, Plh Kadivpas Kanwil Kemenkumham Sumut, Erwedi Supriyatno mengatakan, meskipun para warga binaan sudah divaksin, tetap harus melaksanakan protokol kesehatan secara ketat.

Baca Juga : Petugas Lapas Gagalkan Penyelundupan Narkoba yang Dikendalikan Napi

Ia mengatakan, rencananya vaksinasi dosis kedua digelar digelar 28 hari mendatang.

Sekadar diketahui, di lapas dan rutan se-Sumatera Utara, terdapat lebih dari 34 ribu narapidana dan tahanan yang belum memperoleh vaksin.

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini