TNI-Polri Kontak Tembak dengan Kelompok KNPB di Maybrat Papua Barat

Tim Okezone, Okezone · Senin 06 September 2021 19:26 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 06 340 2467079 tni-polri-kontak-tembak-dengan-kelompok-knpb-di-maybrat-papua-barat-eAHIFZj0xc.jpg Foto: Tangkapan layar

PAPUA - Kontak tembak terjadi antara Kelompok Komite Nasional Papua Barat (KNPB) dengan Aparat TNI/Polri di Kampung Kamat, Distrik Aifat Timur, Lab. Maybrat, Minggu 5 September 2021.

Kontak tembak terjadi antara Pok KNPB dengan Apkam TNI/Polri robongan Danrem 181/PVT Brigjen TNI Indra Heri. Berikut kronologinya berdasarkan keterangan tertulis yang diterima Okezone, Senin (6/9/2021).

Pukul 13.45 WIT, dilaksanakan Serpas Tim 3 Yonif Raider 762 dengan jumlah 44 orang dpp Lettu inf Denari (Danki) dengan tujuan Pos Kapung Kamat Distrik Aifat Timur. Ikut dalam rombongan adalah Danrem, Asintel Kodam, Kasi Intel Korem, Kapolres Sorsel, Dandim, Ketua DPRD dan Apintel di antaranya BIN, BAIS Mandala dan Denintel.

Pukul 14.30 WIT rombongan masuk melewati pertigaan Susumuk masuk arah Aifat dengan melewati Kampung Sory, Kampung Fatemanaa, Kampung Saba, Kampung Tasimara, Kampung Fankahrio, tetapi rombongan terhenti pukul 15.40 WIT akibat jembatan kayu panjang 6 meter lebar 4 meter putus dirusak oleh Kelompok KNPB dengan menggunakan gerjaji senso. Hal itu guna menghambat dan menghalanggi Apkam masuk Kamat.

Baca juga: Dramatis! Serangan Kilat Pasukan Raider Bikin KKB Teroris Berhamburan ke Jurang

Selanjutnya pukul 15.40 WIB, rombongan Danrem melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki, Jarak 20 meter dari jembatan terdapat pohon ditumbangkan menghalangi jalan dan pada jarak 200 meter jembatan kedua juga dirusak dengan menggunakan gergaji senso.

Kemudian setelah jembatan kedua jarak 100 meter ada pohon ditumbangkan ke jalan. Rombongan melanjutkan perjalanan sekitar 2 km, pada pukul 16.17 WIT rombongan paling depan mendapatkan tembakan dari KNPB arah kiri, langsung dibalas tembakan oleh tim gabungan dan KNPB melarikan diri. Kerugian akibat kontak tembah nihil.

Lalu pukul 16.35 WIT, Danrem memutuskan untuk melaksanakan pengunduran kembali ke Kodim Ayamaru melaksanakan konsolidasi dan merencanakan langkah selanjutnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini