Bikin Heboh, Ratusan Burung Pipit Mati di Depan Balai Kota Cirebon

Fathnur Rohman, Okezone · Selasa 14 September 2021 14:49 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 14 525 2471152 bikin-heboh-ratusan-burung-pipit-mati-di-depan-balai-kota-cirebon-Iehb6aobO6.JPG Ratusan Burung Pipit Mati di Depan Balai Kota Cirebon (Foto: Ist)

CIREBON - Masyarakat dan pegawai di lingkungan Balai Kota Cirebon, Jawa Barat, dihebohkan dengan fenomena matinya ratusan burung di halaman belakang Balai Kota Cirebon. Peristiwa ini diperkirakan terjadi sejak Selasa (14/9/2021) pagi.

Fenomena tersebut hampir serupa dengan peristiwa kematian massal burung di Bali beberapa waktu lalu. Bedanya, di Balai Kota Cirebon sendiri ditemukan beberapa burung yang kondisinya masih hidup.

Dari beberapa foto dan video yang tersebar di media sosial, nampak ratusan burung tersebut ditemukan mati berserakan di dekat sebuah pohon. Hingga saat ini belum diketahui penyebab pasti, mengapa ratusan burung tersebut bisa mati dalam waktu bersamaan.

Ratusan burung yang mati ini diperkirakan merupakan burung jenis pipit. Menurut salah seorang pegawai di Balai Kota Cirebon bernama Ojo, burung-burung tersebut biasanya sering terlihat bertengger di pohon yang berada di area belakang Balai Kota Cirebon.

"Ditemukan sekitar jam 6 pagi. Biasanya memang burung-burung itu bertengger di pohon itu," ujar Ojo kepada wartawan, Selasa (14/9/2021).

Dia mengatakan, ratusan burung pipit mati ini ditemukan pertama kali dalam kondisi mati oleh petugas Pamdal. Ada kemungkinan kematian massal burung itu disebabkan oleh hujan deras yang mengguyur Kota Cirebon pada Selasa pagi.

Ia menambahkan, tidak semua burung itu mati. Ada beberapa burung yang ditemukan dalam kondisi hidup.

"Mungkin karena hujan deras atau bagaimana. Tapi sebagian ada yang masih hidup," ujarnya.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini