Macron: Tentara Prancis Tewaskan Pimpinan IS di Sahara

Rahman Asmardika, Okezone · Kamis 16 September 2021 10:35 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 16 18 2472185 macron-tentara-prancis-tewaskan-pimpinan-is-di-sahara-iymT8ItJb6.jpg Presiden Prancis Emmanuel Macron. (Foto: Reuters)

PARIS - Presiden Emmanuel Macron pada Rabu (15/9/2021) mengatakan bahwa militer Prancis telah membunuh militan Islam Adnan Abu Walid al-Sahrawi, pemimpin Negara Islam (IS) di Sahara Besar.

“Ini adalah kesuksesan besar lainnya dalam perjuangan kami melawan kelompok teroris di Sahel,” kata Macron dalam sebuah tweet, tanpa mengungkapkan lokasi operasi.

BACA JUGA: Serang Sarang Al Qaeda, Prancis Dibantu Tentara Afrika

Sahrawi adalah pemimpin bersejarah IS di wilayah Sahel di Afrika Barat dan kelompok yang dipimpinnya menargetkan tentara Amerika Serikat (AS) dalam serangan mematikan pada 2017, kata kantor Macron.

Pada Agustus 2020, Sahrawi secara pribadi memerintahkan pembunuhan enam pekerja amal Prancis dan sopir mereka dari Niger, tambahnya.

BACA JUGA: Persidangan 20 Terdakwa Pelaku Serangan Teroris Paris 2015 Dimulai

Pada Juli, Macron mengatakan bahwa Prancis akan segera mulai membentuk kembali kekuatannya di Sahel, di mana ia berada di garis depan perang melawan militan Islam, dan pada akhirnya akan mengurangi separuh kehadiran militernya.

Namun, ketidakjelasan terkait akhir masa depan operasi tersebut dan kekacauan politik di negara-negara sekutu, terutama di Mali, telah menimbulkan rasa frustrasi di Paris.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini