Korut Sukses Uji Coba Rudal yang Diluncurkan dari Kereta Api

Rahman Asmardika, Okezone · Kamis 16 September 2021 15:33 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 16 18 2472396 korut-sukses-uji-coba-rudal-yang-diluncurkan-dari-kereta-api-LBPKImGEQq.jpg Rudal diluncurkan selama pelatihan Resimen Rudal Jalur Kereta di Korea Utara. (Foto: KCNA via Reuters)

SEOUL - Angkatan bersenjata Korea Utara telah menguji "sistem rudal yang dibawa kereta api". yang menempuh jarak sekitar 800 km sebelum mencapai target di lepas pantai timur negara itu, media pemerintah melaporkan.

“Sistem rudal yang dibawa kereta api berfungsi sebagai sarana serangan balik yang efisien yang mampu memberikan multi pukulan – secara bersamaan yang keras kepada pasukan yang mengancam,” kata Marsekal Pak Jong Chon, yang juga menjabat sebagai anggota Presidium Politbiro dari Partai Buruh Korea yang berkuasa. Dia mengawasi uji peluncuran rudal Rabu (15/9/2021), menurut laporan KCNA.

BACA JUGA: Korut Pamerkan Pasukan Berbaju Hazmat pada Parade HUT Ke-73, Tak Ada Rudal

Foto-foto yang belum dikonfirmasi yang dimaksudkan untuk menunjukkan peluncuran telah beredar secara online, dengan proyektil terlihat meledak dari gerbong di lokasi yang tidak diketahui.

Diwartakan RT, pejabat Korea Selatan dan Jepang pada awalnya mengatakan mereka mendeteksi dua rudal balistik pada Rabu pagi, meskipun berbagi beberapa rincian lain tentang peluncuran tersebut. KCNA mencatat tes dilakukan di bawah unit yang diselenggarakan awal tahun ini.

Peluncuran itu dilakukan setelah Pyongyang mengatakan pihaknya berhasil menguji rudal jelajah jarak jauh baru awal pekan ini, yang dilaporkan menempuh jarak sekitar 1.500 km sebelum mencapai target di perairan teritorial Korea Utara.

BACA JUGA: Korea Utara Klaim Berhasil Tembakkan Rudal Jarak Jauh

Washington mengecam peluncuran itu, mengklaim itu menunjukkan bahwa negara itu menimbulkan ancaman bagi "tetangganya dan komunitas internasional," sementara Tokyo mengatakan "prihatin" atas tes yang dilaporkan.

Peluncuran terbaru menandai uji coba senjata utama kelima Korea Utara sepanjang tahun ini, menurut Yonhap News.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini