Polisi Serahkan Berkas Kasus Gus Idris ke JPU

Avirista Midaada, Okezone · Jum'at 17 September 2021 15:44 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 17 519 2472933 polisi-serahkan-berkas-kasus-gus-idris-ke-jpu-AHViOlNjgJ.jpg Gus Idris (Foto: Okezone)

MALANG - Berkas kasus berita bohong yang menjerat Idris Al Marbawy atau Gus Idris dinyatakan lengkap dan diserahkan ke kejaksaan. Polres Malang sendiri telah memeriksa pengasuh Pondok Pesantren (Ponpes) Thoriqul Jannah, Ngajum ini pada Kamis 16 September 20021 hingga malam.

Kasatreskrim Polres Malang AKP Donny Kristian Bara'langi mengungkapkan, pemeriksaan yang dilakukan pada Kamis kemarin ini hanya untuk melengkapi berkas yang sebelumnya telah dilakukan penyidik.

"Yang kemarin, pemeriksaan tambahan. Untuk melengkapi berkas perkara. Pemeriksaan sampai pukul 19.00," ujar Donny, saat dikonfirmasi MNC Portal Indonesia, pada Jumat siang (17/9/2021).

Baca Juga: Viral Video Pasangan Gancet, Gus Idris Diperiksa Polres Malang

Mantan Kasatreskrim Polres Blitar ini menambahkan, bila berkas dokumen yang menyangkut penetapan tersangka Gus Idris telah lengkap. Mengingat pemeriksaan kemarin yang dilakukan adalah pemeriksaan terakhir untuk melengkapi berkas, atas instruksi jaksa penuntut umum (JPU).

"(Pemeriksaannya) sudah cukup, dan segera akan kami limpahkan ke kejaksaan," tuturnya.

Idris sendiri oleh penyidik dijerat dengan Pasal 14 Ayat (1) dan Ayat (2) atau Pasal 15 Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana juncto Pasal 55 KUHP.

Baca Juga: Video Hoaks Penembakan Gus Idris Naik Penyidikan, Sejumlah Saksi Bakal Dipanggil

Selain Idris, dari informasi yang diterima ada satu orang lagi yang ditetapkan tersangka atas video hoaks penembakan pada Maret 2021 lalu. Satu orang tersebut yakni Yan Firdaus yang juga dijerat pasal yang sama dengan Gus Idris.

Sebelumnya diberitakan, Gus Idris dari Ponpes Thoriqul Jannah diduga tertembak saat berada di Markas Nyi Ronggeng. Adegan Gus Idris tertembak ini terekam di video live Youtube di kanal pribadinya Gus Idris Official. Dari lokasi yang disebutkan di video yang dibuat pada 28 Februari 2021 berada di daerah Pacet, Kabupaten Mojokerto.

Di video berdurasi 4 menit 14 detik, tampak Gus Idris diduga mengalami tembakan oleh orang tak dikenal. Di video Gus Idris yang berjalan menuju mobil terkena dugaan tembakan hingga terkapar.

Tampak di video detik 56 terdengar suara letupan seperti suara tembakan. Tak berselang lama Gus Idrus pun terkapar dengan mengalami luka di bagian dada kanan. Tampak dada kanan Gus Idris mengeluarkan darah.

Namun, selang sehari kemudian Gus Idris mengklarifikasi bahwa apa yang dialaminya adalah serangan sihir makhluk gaib yang seolah ditembakkan ke dirinya.

Atas unggahan video itulah, Idris akhirnya ditetapkan sebagai tersangka oleh Polres Malang. Namun, beberapa hari lalu bahkan Gus Idris membuat heboh dengan video pasangan gancet yang tengah berhubungan suami istri.

Alhasil, dari video tersebut 12 ormas mengadukan Idris ke Mapolres Malang pada Rabu siang 16 September 2021 kemarin.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini