QR Code Paspor Covid-19 Presiden Prancis Bocor di Daring

Vanessa Nathania, Okezone · Kamis 23 September 2021 09:08 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 23 18 2475589 qr-code-paspor-covid-19-presiden-prancis-bocor-di-daring-Ml6Zr6ca8z.jpg Presiden Prancis Emmanuel Macron. (Foto: Reuters)

PRANCIS QR Code paspor kesehatan Presiden Prancis Emmanuel Macron bocor dan beredar di daring selama hampir 24 jam, demikian dilaporkan portal berita BFMTV pada Selasa (21/9/2021).

Kebocoran data yang terjadi pada Senin (20/9/2021) malam itu diklasifikasikan sebagai ‘pelanggaran etik’ oleh Istana Kepresidenan Elysee. Ini kemungkinan terjadi setelah seorang pekerja medis yang memiliki akses ke database orang-orang yang divaksinasi Covid-19 menyalin QR Code Macron dan menyebarkannya, entah disengaja atau tidak.

BACA JUGA: Sertifikat Vaksin Presiden Jokowi Beredar di Medsos, Netizen Heboh

Saat ini, QR Code itu telah dinonaktifkan sehingga tidak dapat digunakan lagi.

Badan asuransi penyakit Prancis, CNAM, yang bertanggung jawab atas sistem vaksinasi digital, telah berbicara kepada dewan medis nasional, meminta pihak yang bertanggung jawab atas kebocoran data tersebut mendapat ganjaran.

BACA JUGA: 5 Fakta Sertifikat Vaksin Presiden Jokowi Tersebar, Ternyata NIK Bocor dari Sini

Pada Juli, Macron mengumumkan langkah-langkah baru untuk menekan penyebaran virus corona, termasuk kartu kesehatan khusus yang menunjukkan apakah pembawa telah divaksinasi atau memiliki hasil tes Covid-19 yang negatif. Tiket masuk wajib di restoran, bar, pusat perbelanjaan, pesawat terbang, semua acara publik yang dihadiri oleh lebih dari lima puluh orang dan kereta jarak jauh di seluruh bagian Prancis.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini