Presiden Prancis Emmanuel Macron Ajukan Gugatan Setelah Difoto Pakai Baju Renang

Rahman Asmardika, Okezone · Selasa 28 September 2021 15:48 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 28 18 2478142 presiden-prancis-emmanuel-macron-ajukan-gugatan-setelah-difoto-pakai-baju-renang-94gIPPbkIK.JPG Presiden Prancis Emmanuel Macron. (Foto: Reuters)

PARIS – Presiden Prancis Emmanuel Macron dan istrinya Brigitte mengajukan gugatan pelanggaran privasi terhadap seorang paparazzi karena mengambil foto dirinya yang sedang bermain jet ski dan mengenakan pakaian renang, demikian dilaporkan Europe 1.

Foto tersebut dilaporkan diambil tahun lalu dan selama dua minggu terakhir telah dipamerkan di sebuah galeri seni bersama foto-foto mantan pemimpin Prancis lainnya dengan tema "Presiden Republik di lokasi liburan mereka". Galeri ini terletak persis di depan Istana Elysee – kediaman resmi pasangan presiden.

BACA JUGA: Unggah Video TikTok, Logo Misterius Kaos Presiden Prancis Picu Teori Konspirasi 

Menurut laporan itu, pengaduan itu secara pribadi diajukan terhadap Thibaut Daliphard, salah satu fotografer pameran, yang akan diinterogasi oleh polisi pada Selasa (28/9/2021).

Sang paparazzi mengatakan kepada AFP bahwa dia “terkejut” dengan gugatan itu, karena banyak foto galeri telah beredar di media.

BACA JUGA: QR Code Paspor Covid-19 Presiden Prancis Bocor di Daring

"Foto di jet ski menunjukkan seorang presiden muda yang dinamis, dengan gaya Kennedy, jadi saya tidak melihat bagaimana gambar itu negatif," kata Daliphard kepada AFP.

Fotografer mengatakan bahwa foto itu “sama sekali” dimaksudkan untuk melemahkan presiden tetapi hanya mengungkapkan sisi pemimpin yang tidak diketahui.

Menurut Europe 1, Daliphard bukanlah sosok asing bagi pasangan nomor 1 Prancis itu. Sebelumnya, fotorafer itu dituduh oleh Macron atas upaya pelanggaran privasi di musim panas 2017 karena diduga membobol kediaman pasangan tersebut. Gugatan itu dikatakan akhirnya ditolak.

Musim panas lalu, beberapa foto yang menunjukkan Emmanuel Macron bermain jet ski di tempat-tempat liburan utama Prancis dirilis ke media ketika negara itu sedang berjuang dengan pandemi Covid-19, sehingga pasangan presiden memiliki alasan untuk kesal dengan si fotografer tepat menjelang pemilihan presiden, yang ditetapkan digelar pada April 2022.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini