Pelaku Tak Gila, Polisi Lanjutkan Kasus Penyerangan Ustadz Chaniago

Gusti Yennosa, iNews · Selasa 28 September 2021 16:16 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 28 340 2478162 pelaku-tak-gila-polisi-lanjutkan-kasus-penyerangan-ustadz-chaniago-uoeCStSTIO.jpg Pelaku penyerangan Ustadz Abu Syahid Chaniago ditangkap jamaah (Foto: Ist)

BATAM - Penyidik dari Satrerskrim Polresta Barelang terus melakukan pemeriksaan terhadap Darmansyah alias Handam, pelaku penyerangan terhadap Ustadz Abu Syahid Chaniago di Batam beberapa waktu lalu. Hasil pemeriksaan kejiwaan menyebutkan jika pelaku tidak gila dan bisa mempertanggungjawabkan perbuatannya.

Setelah sempat dihebohkan dengan pertanyaan yang menyebutkan dirinya komunis, polisi terus menggali keterangan terkait kejiwaan Darmansyah alias Handam. Polisi bahkan mendatangi keluarga pelaku ke Aceh.

Baca Juga:  Asyik Nongkrong, 4 Warga Cibubur Diserang Geng Motor

Menurut Kabid Humas Polda Kepri Kombes Pol Harry Goldenhard, hasil keterangan pihak keluarga pelaku menyebutkan jika Darmansyah pada 2015 sempat dirawat di Rumah Sakit Jiwa Aceh.

Setelah dinyatakan sembuh, pelaku pun dipulangkan. Namun, pada Mei-Juni 2018, pelaku kembali dimasukkan ke Rumah Sakit Jiwa karena kerap membuat onar bahkan memukuli tetangganya.

Dua bulan mendapat perawatan dan pengobatan, pelaku dinyatakan sembuh. Selanjutnya tahun 2020 pelaku pergi ke Batam dengan alasan akan bekerja di Batam.

Pelaku juga sebelumnya pernah bekerja di Malaysia lebih kurang 2 tahun. Meski pernah dirawat di Rumah Sakit Jiwa, penyidik Satreskrim Polresta Barelang tetap melakukan pemeriksaan kejiwaan pelaku secara intensif dengan mendatangkan ahli kejiwaan dari rumah sakit BP Batam. Beberapa kali pemeriksaan diketahui, pelaku sedang tidak dalam kondisi depresi saat melakukan aksi penyerangan terhadap Ustadz Abu Chaniago.

Baca Juga:  Polisi Buru 17 DPO Penyerangan Pos Koramil Kisor

Ahli kejiwaan menyebut jika pelaku Darmansyah bisa mempertangungjawabkan perbuatannya. Berdasarkan hasil itulah penyidik memutuskan untuk melanjutkan kasus penyerangan dan penganiayaan yang dilakukan pelaku pada Ustadz Abu Chaniago.

Saat ini, polisi sudah memeriksa delapan saksi termasuk ahli kejiwaan dari rumah sakit BP Batam.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini