Share

Afghanistan Akan Segera Keluarkan Paspor

Antara, · Rabu 06 Oktober 2021 07:13 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 06 18 2481896 afghanistan-akan-segera-keluarkan-paspor-oI13QXqKv5.jpg Pasukan Taliban menjaga Bandara Kabul (Foto: Antara/Reuters)

KABUL - Menurut seorang pejabat senior, Afghanistan akan kembali mengeluarkan paspor bagi warga negara mereka pada Selasa (5/10).

Pelayanan paspor sempat tertunda selama berbulan-bulan sehingga menghambat perjalanan orang-orang yang berupaya menyelamatkan diri dari Afghanistan paska pengambilalihan kekuasaan oleh Taliban pada Agustus lalu.

Otoritas akan memberikan dokumen yang secara fisik sama persis dengan paspor yang dikeluarkan oleh pemerintah sebelumnya, kata pejabat tersebut.

 (Baca juga: Kisah Sedih Bayi Terpisah dari Orangtuanya karena Paspor Tertunda)

Penjabat kepala pelayanan paspor, Alam Gul Haqqani, mengatakan kepada wartawan di Kabul bahwa antara 5.000-6.000 paspor akan dikeluarkan setiap hari.

Ia mengatakan para petugas perempuan dikerahkan untuk memproses dokumen warga negara perempuan.

Juru bicara kementerian dalam negeri, Qari Sayeed Khosti, saat konferensi pers mengatakan bahwa 25.000 permohonan sudah mencapai tahap akhir pembayaran pembuatan paspor.

 (Baca juga: Pedofil Akan Miliki Tanda 'Stempel Bahaya' di SIM dan Paspor)

Sekitar 100.000 permohonan masih berada dalam tahap awal.

Proses pengurusan visa di Afghanistan berjalan lamban, bahkan sebelum Taliban kembali berkuasa paska penarikan pasukan Amerika Serikat (AS) dari negara itu.

(sst)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini