Gudang Penyimpanan Minyak di Sidoarjo Ludes Terbakar

Avirista Midaada, Okezone · Rabu 06 Oktober 2021 00:07 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 06 519 2481845 gudang-penyimpanan-minyak-di-sidoarjo-ludes-terbakar-A0I12RhIRG.jpg Gudang penyimpanan minyak di Sidoarjo, Jawa Timur terbakar (Foto: Avirista Midaada)

SIDOARJO - Kebakaran hebat menghanguskan gudang penyimpanan minyak milik PT Rizky Jaya Energy Sidoarjo. Gudang penyimpanan minyak yang berlokasi di Jalan Raya Lingkar Timur, Buduran, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur terbakar pada Selasa petang, (5/10/2021).

Dari informasi yang dihimpun kebakaran gudang ini dimiliki perusahaan yang bergerak di bidang pengumpulan minyak jelantah UCO (Used Cooking Oil), CPO (Crude Palm Oil) asam tinggi dan PAO (Palm Acid Oil).

Baca Juga:  Rumah dan Warung Terbakar Gegara Ledakan Korek Gas dalam Saku Celana

Kebakaran awalnya diketahui para pekerja yang tengah bekerja. Para pekerja melihat kepulan asap hitam dari gedung belakang gudang. Saat diperiksa ternyata api sudah mulai membesar dan menghanguskan bagian gudang penyimpanan minyak.

Kepala Desa Wadungasih Buduran Khoirul mengatakan, kebakaran diketahui pertama kali oleh pekerja tengah bekerja. Ia memastikan seluruh pekerja telah berhasil menyelamatkan diri sesaat sebelum api membesar dan menghanguskan gudang.

"Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Saat saya datang ke lokasi PMK sudah melakukan pembasahan di lokasi pembakaran dan sebagian isi di gudang ludes terbakar,” kata Khoirul, saat dikonfirmasi awak media, pada Selasa malam.

Khoirul menambahkan, warga bersama pekerja kemudian melaporkan kebakaran ini ke petugas pemadam kebakaran (Damkar) Sidoarjo. Mendapati laporan, sebanyak lima unit mobil Damkar dari Pos Buduran dan Candi diterjunkan ke lokasi kejadian.

Baca Juga:  Rumah Terbakar di Pancoran, Pemilik Merugi Rp50 Juta

Butuh waktu sekitar satu jam lebih untuk memadamkan api. Usai api mulai padam, petugas melanjutkan dengan pembasahan, untuk mengantisipasi kebakaran susulan.

“Kita berhasil padamkan sekitar pukul 19.30 WIB, kemudian dilanjutkan dengan pembasahan,” ucap Jangkar Wiyono selaku Komandan Regu Damkar Kecamatan Candi.

Sementara itu Kanitreskrim Polsek Buduran, Iptu Imam turmudzi mengatakan, belum diketahui penyebab pasti kebakaran itu termasuk nilai kerugiannya. "Kita masih melakukan penyelidikan terjadinya kebakaran,” pungkasnya.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini