Ini Penyebab Cuaca Panas di Papua Barat

Antara, · Kamis 21 Oktober 2021 12:57 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 21 340 2489513 ini-penyebab-cuaca-panas-di-papua-barat-VXw9PnWIfm.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

PAPUA - Pejabat Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Kelas III Rendani-Manokwari memaparkan penyebab cuaca panas di Papua Barat.

"Cuaca cerah disertai suhu panas yang terjadi dikarenakan gerak semu tahunan matahari. Itu siklus biasa dan terjadi antara bulan September-Oktober atau Februari-Maret," kata Kepala BMKG Stasiun Meteorologi Kelas III Rendani Manokwari Daniel Tandi, Kamis (21/10/2021).

Gerakan semu tahunan matahari terjadi ketika matahari seolah bergerak lebih ke utara atau ke selatan akibat revolusi bumi, gerakan bumi mengelilingi matahari.

Selain gerak semu tahunan matahari, Daniel mengatakan, siklon tropis Kompasu di laut China Selatan bagian utara juga mempengaruhi kondisi cuaca di wilayah Papua Barat.

Baca juga: Suhu di Indonesia Semakin Panas, Ini Penjelasan BMKG

"Saat ini masih terjadi siklon tropis Kompasu di laut China Selatan bagian utara yang menarik masa udara dan pertumbuhan awan-awan hujan menjauhi wilayah Indonesia, termasuk Manokwari dan sejumlah daerah di kepala burung Pulau Papua," katanya.

Baca juga: Indonesia Sedang Terjadi Gelombang Panas, BMKG: Hoaks!

Ia menjelaskan, gerak semu tahunan matahari dan siklon tropis Kompasu menyebabkan suhu udara permukaan di wilayah Papua Barat pada siang hari mencapai 35 sampai 37 derajat Celsius.

Menurut dia, peningkatan suhu udara di wilayah Papua Barat tidak berdampak signifikan terhadap aktivitas masyarakat.

Baca juga: Musim Haji Tahun Ini Diprediksi Diliputi Cuaca Sangat Panas dan Hujan

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini