BMKG Minta Warga Sulut Waspadai Banjir dan Longsor

Antara, · Selasa 26 Oktober 2021 04:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 25 340 2491651 bmkg-minta-warga-sulut-waspadai-banjir-dan-longsor-Ztr8C7Hdhj.jpg Illustrasi (foto: dok Okezone)

MANADO - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengajak masyarakat Sulawesi Utara mewaspadai banjir dan tanah longsor yang berpotensi terjadi saat musim hujan.

"Kewaspadaan harus ditingkatkan, jangan lengah sehingga bisa terhindar dari bencana," kata Koordinator Bidang Observasi dan Informasi BMKG Stasiun Meteorologi Sam Ratulangi Manado, Ben Molle, Senin (25/10/2021).

Baca juga:  Sungai Kalukku Meluap, Ratusan Rumah di Mamuju Terendam Banjir

Dia mengatakan, musim penghujan kembali terjadi di wilayah Sulut, walaupun pada beberapa pekan awal Oktober ini terjadi panas terik.

Suhu terik yang mencapai puncaknya di 36 derajat Celsius terjadi di Kabupaten Minahasa Utara, sedangkan di kabupaten dan kota lainnya di kisaran 32-35 derajat Celsius terjadi akibat tiga siklon tropis di utara Sulut.

Baca juga:  Ujian Siswa SD di Pekanbaru Berlangsung di Tengah Banjir

"Hujan mulai merata di wilayah Sulut. Artinya kewaspadaan sudah harus dilakukan seluruh masyarakat dan pemangku kepentingan agar ada langkah antisipasi," katanya.

 

Hal paling penting, kata dia, warga yang menetap di daerah rawan banjir dan longsor harus meningkatkan kewaspadaan.

Memasuki pekan ketiga Oktober, hujan mulai terjadi dan diperkirakan hingga Januari mendatang mencapai puncaknya.

"Waspadai puncak musim hujan di bulan Januari," katanya.

Ia menjelaskan pada awal tahun biasanya curah hujan ekstrem menyebabkan beberapa wilayah di provinsi ujung utara Sulawesi itu kerap dilanda banjir dan longsor.

"Saatnya kita memperbaiki lingkungan sekitar, memperbaiki aliran air, drainase dijaga kebersihannya, jangan tersumbat. Paling penting diingatkan bagi warga yang berada di daerah rawan bencana," ujarnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini