Share

Polandia Usir Ratusan Migran di Perbatasan Belarusia, Peringatkan Potensi Konflik Bersenjata

Agregasi VOA, · Rabu 10 November 2021 11:17 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 10 18 2499524 polandia-usir-ratusan-migran-di-perbatasan-belarusia-peringatkan-potensi-konflik-bersenjata-IOTx91nezr.jpg Foto: Reuters.

WARSAWA - Polandia, yang merupakan negara anggota Uni Eropa dan NATO, pada Senin (8/11/2021) mengatakan telah menolak upaya ratusan migran untuk melintasi wilayah perbatasannya dengan Belarusia secara ilegal.

Ribuan migran lainnya diperkirakan sedang dalam perjalanan dan kemungkinan akan melakukan berbagai upaya melewati perbatasan, termasuk dengan cara ilegal.

BACA JUGA: Kapal Migran Tenggelam di Laut Merah, Mayat-Mayat Terdampar di Pantai Yaman

Polandia memperingatkan gelombang migran yang masuk dapat mengakibatkan konflik “bersenjata” di wilayahnya.

Amerika Serikat (AS) telah meminta Belarusia untuk menghentikan apa yang digambarkannya sebagai pengaturan arus masuk migran, sementara Uni Eropa menyerukan sanksi baru terhadap rezim yang memerintah di negara itu.

BACA JUGA: Wabah Flu Burung Dikonfirmasi di Eropa, Serang Polandia dan Inggris

Brussels menuduh pimpinan Belarusia Alexander Lukashenko memfasilitasi gelombang migran dan pengungsi, terutama yang berasal dari Timur Tengah, untuk masuk ke wilayah Polandia sebagai pembalasan atas sanksi yang telah dijatuhkan oleh Uni Eropa.

Baca Juga: Salurkan BLT BBM kepada 20,65 Juta KPM, Ini Strategi Pos Indonesia

Pada Senin NATO juga mengutuk aksi Belarusia, dan menuduh pemerintah di sana menggunakan para migran sebagai pion politik.

Penjaga perbatasan Polandia mengunggah rekaman video di Twitter yang menunjukkan para migran menggunakan pemotong kawat dan cabang-cabang kayu untuk menerobos pagar kawat berduri di area perbatasan.

Juru bicara pemerintah Polandia Piotr Muller mengatakan kepada para wartawan bahwa sekira 3.000 hingga 4.000 migran kini berada di dekat perbatasan Polandia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini