Share

Kerja Sama dengan Indonesia, Inggris Akan Bangun Kapal Fregat di Surabaya Tahun Depan

Rahman Asmardika, Okezone · Kamis 11 November 2021 17:42 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 11 18 2500370 kerja-sama-dengan-indonesia-inggris-akan-bangun-kapal-fregat-di-surabaya-tahun-depan-9Ku0MApo68.jpg Menteri Luar Negeri Republik Indonesia Retno Marsudi dan Menteri Luar Negeri Inggris Elizabeth Truss dalam pertemuan di Jakarta, 11 November 2021. (Foto: Dok. Kemlu RI)

JAKARTA - Menteri Luar Negeri Inggris Elizabeth Truss melakukan kunjungan dua hari, 11 -12 November 2021, ke Indonesia untuk menjalin hubungan kerja sama, termasuk keamanan dan ekonomi yang lebih erat. Lawatan ke Indonesia ini merupakan kunjungan pertama Truss, dan merupakan putaran terakhir tur Asia Tenggaranya.

Truss bertemu dengan Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi pada hari pertama lawatannya, Kamis (11/11/2021).

BACA JUGA: Indonesia - Inggris Jajaki Kerja Sama Kesehatan dan Produksi Vaksin

“Indonesia adalah mitra strategis penting bagi Inggris. Sebagai negara demokrasi terbesar ketiga di dunia, kekuatan ekonomi, dan teman Inggris Raya, kami bertekad untuk memperdalam hubungan kami dengan Indonesia,” kata Truss dalam keterangan persnya usai pertemuan dengan Menlu RI.

Dalam pertemuan ini, kedua menlu membahas sejumlah isu penting di berbagai bidang, salah satunya adalah terkait keamanan dan stabilitas di kawasan. Dalam hal ini, Inggris dan Indonesia menjalin sejumlah kerja sama, termasuk dalam pembangunan alutsista, keamanan maritim, dan kontraterorisme.

“Kami juga membahas pentingnya keamanan dan stabilitas di kawasan Indo-Pasifik. Beberapa minggu lalu, Carrier Strike Group Inggris mengunjungi Jakarta. Dan tahun depan kapal fregat rancangan Inggris akan dibangun di Surabaya,” ujarnya.

BACA JUGA: Menlu RI Bahas Isu Afghanistan, Myanmar dalam Pertemuan dengan Menlu Inggris

“Ini adalah bagian dari kerja sama ekstensif kami di bidang pertahanan. Kami ingin memperdalam kerja sama kami di bidang keamanan maritim, dan kami juga meluncurkan kelompok kerja bersama kami yang baru untuk kontraterorisme, dan juga dialog siber.”

Pada kesempatan ini Menlu Inggris juga menyampaikan dukungannya untuk kepresidenan Indonesia di G20, yang akan dimulai pada 1 Desember mendatang. Sementara Menlu RI menyampaikan ucapan selamat atas kepada Inggris yang telah menjadi mitra dialog baru ASEAN.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini