Share

Simpati dengan Anak Pemulung yang Viral, Ketua DPW Perindo Jambi Beri Bantuan

Azhari Sultan, Okezone · Sabtu 20 November 2021 20:10 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 20 340 2504913 simpati-dengan-anak-pemulung-yang-viral-ketua-dpw-perindo-jambi-beri-bantuan-GggB8Vy4fU.JPG Partai Perindo beri bantuan ke pemulung yang viral (Foto: DPW Partai Perindo Jambi)

JAMBI - Masih ingat Nabil, bocah pemulung berusia 14 tahun yang viral usai didatangi Kapolres Merangin AKBP Irwan Andy Purnamawan saat mengais rongsokan di salah satu sudut Kota Bangko, Kabupaten Merangin, Jambi pada awal Oktober lalu.

Kejadian ini, membuat simpati Ketua DPW Partai Perindo Provinsi Jambi Hendry Attan. Bertempat di Polres Merangin, rombongan DPW Partai Perindo Provinsi Jambi dipertemukan dengan Nabil oleh Kapolres Merangin AKBP Irwan Andy Purnamawan.

Ini dibenarkan Sekretaris Wilayah DPW Partai Perindo Provinsi Jambi Eko Harwanto, bahwa Ketua DPW Partai Perindo Provinsi Jambi Hendry Attan sangat bersimpati dengan Nabil yang bersikeras untuk melanjutkan sekolah. Padahal, secara ekonomi, dia dan keluarganya tergolong tidak mampu.

"Kedatangan Bapak Hendry Attan kemari selain ingin kenal dengan Nabil, juga ingin membantu biaya sekolah," ungkapnya, di salah satu rumah makan ternama di Merangin, Sabtu (20/11/2021).

Disamping itu, Hendry Attan juga mengucapkan terimakasih kepada Kapolres Merangin bisa dipertemukan dengan Nabil.

"Kami juga mengucapkan terimakasih kepada Bapak Kapolres Merangin AKBP Irwan Andy Purnamawan bisa diijinkan ketemu Nabil," ujar Eko.

Dalam kesempatan tersebut, Nabil begitu bergembira dengan pertemuan yang cukup singkat.

Dengan mengenakan pakaian Pramuka, dia ikut makan bareng dengan orang nomor 1 di Polres Merangin dan orang nomor 1 di Partai Perindo Provinsi Jambi.

Usai makan bersama, Ketua DPW Partai Perindo Provinsi Jambi Hendry Attan memberikan bantuan kepada Nabil.

"Semoga bantuan ini bermanfaat. Semoga Nabil bisa jadi anak cerdas, berbakti kepada orang tua, bangsa dan agama. Dan cita-citanya terlaksana," tukasnya.

Sebelumnya, Kapolres Merangin AKBP Irwan Andy Purnamawan mengatakan, akan menyekolahkan anak pemulung tersebut ke Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Merangin.

Ini bukan tanpa alasan. Sebab dari media sosial (medsos) yang viral menyebutkan ada anak pemulung putus sekolah karena tidak punya biaya.

"Setelah mendapat berita di medsos tersebut, saya langsung mendatangi rumah kontrakan Nabil. Ternyata, dia lagi memulung sampah," ujarnya, Jumat (22/10/2021).

Tidak putus asa. Kapolres berusaha mencari keberadaan target operasi (TO) tersebut. Beruntung, tidak lama kemudian dilihatnya sesosok bocah laki-laki sedang memulung barang bekas di tempat pembuangan sampah di tepi jalan.

Awalnya, Nabil terkejut menolak dibawa karena takut ditangkap polisi. Namun, setelah diberikan pengertian akan dibawa pulang ke rumah orang tuanya, dia akhirnya ikut.

"Iya, mulanya Nabil takut karena dikira ditangkap polisi. Saya katakan kepada Nabil, saya tidak mau kamu putus sekolah. Soal biaya jangan dipikirkan karena saya yang akan menyekolahkanmu," kata Irwan.

Kapolres mengungkapkan, Nabil saat ini tinggal di rumah kontrakan pamannya yang sangatlah sederhana. Pamannya juga bekerja sebagai pemulung.

Penghasilan pamannya dari penjualan barang bekas hanya bisa dapat untuk biaya makan sehari-harinya. Sementara ayah kandung Nabil yang saat ini sakit-sakitan berada di Pekanbaru. Ibu Nabil yang merawat ayahnya selama sakit di rumah.

Diakuinya, saat ini Nabil baru lulus SD dan tidak sanggup lagi melanjutkan je SMP karena biaya sekolah.

"Saya secara ikhlas menyekolahkan Nabil yang saat ini sudah bersekolah di kelas 1 di SMP Negeri 1 Merangin," ucap Kapolres.

Tidak hanya itu, melihat sosok Nabil dirinya sempat sedih. Saat ini, Nabil sudah bisa tersenyum sumringah karena sudah dianggapnya sebagai anak asuh. Dia juga akan terus memantau perkembangan sekolah Nabil sampai bisa meraih cita-cita.

"Kalau cita-cita Nabil ingin jadi polisi, sedangkan Nabil bersaudara 3 orang, 1 di panti asuhan dan 1 bersama neneknya. Kita doakan saja Nabil bisa menjadi orang sukses dalam meraih cita-cita dan impiannya," kata Irwan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini