Share

Geng Haiti Bebaskan 2 Misionaris Kristen AS yang Disandera

Rahman Asmardika, Okezone · Senin 22 November 2021 11:38 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 22 18 2505475 geng-haiti-bebaskan-2-misionaris-kristen-as-yang-disandera-WK85EVVIx5.jpg Foto: Reuters.

PORT AU PRINCE - Dua dari 17 misionaris Kristen Amerika Serikat (AS) dan Kanada yang disandera di Haiti bulan lalu telah dibebaskan. Pembebasakan itu diumumkan kelompok yang mengatur perjalanan mereka ke negara Karibia itu mengatakan pada Minggu (21/11/2021), tanpa memberikan rincian lebih lanjut.

"Kami telah mengetahui bahwa dua sandera di Haiti dibebaskan," kata Christian Aid Ministries yang berbasis di Ohio dalam sebuah pernyataan sebagaimana dilansir Reuters.

BACA JUGA: Culik 17 Anggota Kelompok Misionaris, Geng Bersenjata Haiti Minta Tebusan Rp240 Miliar

Ke-16 warga AS dan seorang warga Kanada, termasuk lima anak-anak, diculik pada Oktober setelah mengunjungi panti asuhan. Insiden itu telah menyoroti masalah penculikan yang mengerikan di Haiti, yang telah memburuk di tengah krisis ekonomi dan politik dan meningkatnya kekerasan.

Dihubungi oleh Reuters, Juru Bicara Kepolisian Nasional Haiti, Gary Desrosiers, membenarkan bahwa dua sandera telah dibebaskan pada Minggu.

BACA JUGA: Geng Haiti Ancam Bunuh Misionaris AS yang diculik

Para pejabat sebelumnya mengatakan geng yang dikenal sebagai 400 Mawozo menuntut tebusan USD1 juta (sekira Rp14 miliar) per orang. Seorang pria yang mengidentifikasi dirinya sebagai pemimpin geng mengatakan dalam sebuah video yang diposting di YouTube bulan lalu bahwa dia bersedia membunuh sandera jika dia tidak mendapatkan apa yang diinginkannya.

 

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini