Jembatan Penghubung 2 Desa Terputus Diterjang Banjir di Bandung Barat, Warga Terisolasi

Yuwono, iNews · Minggu 28 November 2021 15:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 28 340 2508633 jembatan-penghubung-2-desa-terputus-diterjang-banjir-di-bandung-barat-warga-terisolasi-U4zy3PZ6GP.jpg Jembatan yang mengubungkan 2 desa di Bandung Barat putus diterjang banjir. (Foto : iNews/Yuwono)

BANDUNG – Jembatan sepanjang 20 meter yang menghubungkan dua desa di Bandung Barat, Jawa Barat, Minggu (28/11/2021) pagi ambruk diterjang banjir bandang. Tak ada korban jiwa. Namun, aktivitas warga lumpuh dan terisolir karena tak ada akses jalan lain.

Curah hujan tinggi sepanjang malam membuat aliran Sungai Cipada meluap. Akibatnya, luapan air menerjang jembatan penghubung Desa Campaka Mekar, Kecamatan Pasalarang dan Mekarjaya, Cikalongwetan, Bandung Barat, pagi tadi ambruk.

Jembatan sepanjang 20 meter tersebut terlihat tak bisa dilalui lagi oleh warga. Aktivitas warga di dua desa yang menghubungkan beberapa kampung yang masuk Kecamatan Padalarang dan Cikalong Wetan sementara terisolasi. Kendaraan roda dua yang bisa melintas terpaksa harus memutar lebih jauh sekitar 7 kilometer untuk menuju beberapa lokasi di dua desa tersebut.

“Menghubungkan 2 kampung. Ya jalan enggak ada lagi cuma ini satu,” kata Ketua RT 3, Suminta, Minggu (28/11/2021).

Baca Juga : Citarum Kembali Meluap, Permukiman Warga Bandung Terendam hingga 1 Meter

Menurut warga sekitar, jembatan ini ambruk saat air Sungai Cipada meluap sekira pukul 06.00 WIB. Beruntung tak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Karena saat kejadian, tak ada warga yang melintas.

“Ini akses cuma satu-satunya jalan untuk menghubungkan dua desa ini. Dengan terputusnya jembatan ini otomatis aktivitas masyarakat terganggu,” kata anggota TNI Koramil Padalarang, Serka Nana.

Saat ini petugas BPBD Bandung Barat dibantu anggota TNI dari Koramil 0909 Padalarang sudah berada di lokasi dan mendata kerusakan. Petugas membantu warga untuk menyeberang dengan kondisi arus sungai deras yang membahayakan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini