Waspada! Bibit Siklon Tropis Terpantau di Aceh, Begini Potensi Dampaknya

Binti Mufarida, Sindonews · Jum'at 03 Desember 2021 09:36 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 03 340 2511220 waspada-bibit-siklon-tropis-terpantau-di-aceh-begini-potensi-dampaknya-Ya8ESS8PuW.jpg Ilustrasi (Foto: Dok Okezone)

JAKARTA - Bibit Siklon Tropis 94W terpantau berada di Teluk Benggala sekitar barat laut Aceh, tepatnya di 11° LU, 88.5° BT, bertekanan terendah 1004 mb dengan kecepatan angin maksimum mencapai 25 knot. Hal itu berpotensi untuk menjadi siklon tropis dalam 24 jam ke depan dalam kategori sedang.

"Berdasarkan model NWP 48 jam ke depan Bibit Siklon Tropis 94W akan meningkat dan bergerak ke arah barat barat laut. Potensi untuk menjadi siklon tropis dalam 24 jam ke depan dalam kategori sedang,” demikian dikutip dari BMKG melalui media sosial resminya, Jumat (3/12/2021).

Baca Juga: BMKG: Waspada Siklon Tropis Teratai di Barat Daya Lampung Malam Ini

Sementara itu, BMKG juga memantau Siklon Tropis Nyatoh yang kini berada di Laut Filipina sebelah Utara Papua, tepatnya di 18.2° LU, 136.7° BT, bertekanan terendah 955 mb dengan kecepatan angin maksimum mencapai 80 knot. 

"Dalam 24 jam ke depan Siklon Tropis Nyatoh diperkirakan melemah, dengan pergerakan ke arah timur laut,” kata BMKG.

BMKG mengingatkan dampak tidak langsung terhadap cuaca di Indonesia yakni berupa hujan sedang hingga lebat disertai angin kencang dalam 24 Jam ke depan Aceh Sumatera Utara

Sementara itu, BMKG mengingatkan dampak tidak langsung berupa potensi gelombang tinggi 1.25-2.5 m di Perairan Kep. Anambas dan Natuna, Laut Natuna, Perairan timur Kep. Bintan, Laut Maluku bagian selatan, Perairan Bitung - Kep. Sitaro, Perairan Kep.Sangihe, Perairan Selatan Kep. Talaud, Laut Maluku, Perairan Bitung-Kep.Sitaro, Laut Sulawesi bagian Timur, Perairan Kep. Halmahera, Laut Halmahera, Perairan utara Papua Barat hingga Papua.

Baca Juga:  BMKG : Waspada Dampak Siklon Tropis Nyatoh dan 2 Bibit Siklon Tropis

Kemudian, gelombang tinggi 2.5-4.0 m di Perairan Utara Kep. Anambas, Perairan Barat Kep. Natuna, Perairan Kep. Subi - Serasan, Perairan utara Kep. Talaud, Samudra Pasifik utara Halmahera hingga Papua.

Dan gelombang tinggi 4.0-6.0 m di Laut Natuna Utara, Perairan Utara Natuna, Perairan Kepulauan Subi-Serasan, Perairan Utara Kep. Talaud, Samudera Pasifik Utara Halmahera hingga Papua

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini