Perkuat Kemitraan Strategis, Rusia dan ASEAN Gelar Latihan Gabungan Angkatan Laut

Vanessa Nathania, Okezone · Senin 06 Desember 2021 16:11 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 06 18 2512752 perkuat-kemitraan-strategis-rusia-dan-asean-gelar-latihan-gabungan-angkatan-laut-VpdYQv3hp9.jpg Foto: Twitter/@ASEANRussia.

JAKARTA – Rusia dan negara-negara ASEAN untuk pertama kalinya melakukan latihan militer bersama di Selat Malaka pada 1 Desember hingga 3 Desember 2021. Latihan bertajuk ARNEX ini merupakan bentuk penguatan kemitraan strategis Rusia dan ASEAN digelar setelah sempat tertunda pada 2020akibat pandemi Covid-19.

Kapal Angkatan Laut dari Rusia, Indonesia, Brunei, Vietnam, Malaysia, Myanmar, Singapura, dan Thailand turut serta dalam latihan ini. Sementara Laos, Kamboja, dan Filipina mengirimkan pengamatnya, yaitu atase pertahanan yang terakreditasi di Jakarta.

BACA JUGA: Kru Kapal Perang Rusia Kunjungi Pulau Weh, Peringati Pelaut yang Gugur

Kegiatan ini murni bertujuan untuk kedamaian, di mana para pihak yang terlibat bekerja sama memastikan keselamatan kegiatan maritim dan ekonomi serta pelayaran sipil. Selain itu juga untuk membangun kerja sama dalam bidang komunikasi, manuver, inspeksi kapal, dan pencarian dan penyelamatan di laut, demikian disampaikan misi Rusia untuk ASEAN dalam keterangan pers, Senin (6/12/2021).

Langkah ini diharapkan bisa menjadi minat awal untuk melanjutkan pelatihan semacam ini secara teratur di masa mendatang.

BACA JUGA: Jokowi: ASEAN-Rusia Harus Jadi Penyangga Stabilitas dan Perdamaian Kawasan

Sebelumnya Rusia dengan perwakilan kapal perusak Armada Pasifik, "Armada Panteleyev" juga mengunjungi Provinsi Aceh untuk mengadakan upacara peringatan di makam Sergey Khokhlov, di pemakaman Sabang, Pulau Weh, pada Jumat (3/12/2021).

Upacara ini diadakan sebagai bentuk penghormatan kepada pelaut Sergey Khokhlov yang meninggal dalam kecelakaan fatal 27 Februari 1901, selama perjalanan Skuadron kapal Kekaisaran Rusia dari Kronstadt ke Samudra Pasifik.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini