Share

Banjir Rob Rendam RS Bhayangkara dan Puluhan Rumah di Mamuju

Abdul Jalal, iNews · Selasa 07 Desember 2021 19:27 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 07 340 2513492 banjir-rob-rendam-rs-bhayangkara-dan-puluhan-rumah-di-mamuju-Sni1Su0s5E.jpg Banjir rob rendam permukiman warga di Mamuju (Foto: Abdul Jalal)

MAMUJU - Puluhan rumah di Mamuju, Sulawesi Barat terendam air pasang atau air rob. Beberapa warga yang memiliki anak balita terpaksa diungsikan.

Perumahan yang terendam yakni Grahanusa III dan Pantai Indah Simboro, Kelurahan Karema, Kecamatan Simboro, Kabupaten Mamuju. Selain merendam rumah warga, banjir air rob juga merendam Rumah Sakit Bhayangkara Polda Sulbar.

Baca Juga:  Banjir Rob Rendam 11 RT di Ancol, Warga Lanjut Usia dan Balita Dievakuasi

Air rob merendam rumah warga mencapai lutut orang dewasa yang dimulai sejak sore hingga malam hari. Banjir rob sudah sekian kalinya dalam dua bulan terakhir selama 2021. Namun, baru kali ini dinilai paling parah lantaran tingginya air sudah merendam seluruh bagian rumah warga mulai dari teras, hingga dapur.

Bahkan, jalan akses utama warga ikut terendam. Beberapa warga yang memiliki anak balita terpaksa mengungsi di rumah keluarganya yang tidak ikut terendam air rob.

Sementara itu, beberapa kendaraan motor milik warga terpaksa diungsikan ke tempat yang tinggi agar tidak ikut terendam air lantaran dapat mengalami kerusakan karena air bercampur garam.

Andi Mappawaawo, warga setempat berharap pemerintah daerah segera membangun tanggul penahan di muara sungai yang tidak jauh dari kompleks perumahan warga. Sehingga kejadian serupa tidak terjadi lagi.

“Ini yang berulang kali yang kami tidak bisa hitung, dalam bulan ini memang setiap naik air pasang surut di laut, pasti kebanjiran di Graha Nusa 3 ini," ujarnya.

Baca Juga:  Jalan Lodan Raya Lumpuh Diterjang Banjir Rob, Lalu Lintas Dialihkan

Banjir juga merendam seluruh bagian rumah sakit, mulai dari ruang unit gawat darurat sampai ruang pelayanan. Sementara itu, seluruh kendaraan milik Rumah Sakit Bhayangkara dipindahkan ke tempat yang tinggi agar tidak ikut terendam air rob.

Baca Juga: Dukung Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan, Kabupaten Morowali Hibahkan Tanah ke KKP

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini