Menlu AS Antony Blinken Kunjungi Jakarta Pekan Depan, Ini yang Akan Dibahas

Rahman Asmardika, Okezone · Kamis 09 Desember 2021 10:40 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 09 18 2514285 menlu-as-antony-blinken-kunjungi-jakarta-pekan-depan-ini-yang-akan-dibahas-w5VWxdRrBe.jpg Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Antony Blinken. (Foto: Reuters)

JAKARTA – Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Antony Blinken akan melakukan kunjungan ke beberapa negara Asia Tenggara, termasuk Indonesia pekan depan mulai 13-16 Desember 2021. Kunjungan ini akan dimanfaatkan Blinken untuk membahas sejumlah isu dengan mitra-mitranya di kawasan.

BACA JUGA: Menlu AS Antony Blinken Akan Kunjungi Indonesia 13-14 Desember

Blinken akan mengawali perjalanannya dengan mengunjungi Liverpool, Inggris, pada 10-12 Desember untuk menghadiri Pertemuan Menteri Luar Negeri dan Pembangunan G7. Selama pertemuan ini yang juga dihadiri negara anggota ASEAN ini, Blinken akan membahas berbagai isu, termasuk geopolitik dan keamanan, pasukan Rusia yang membangun kekuatan di perbatasan Ukraina, pembangunan infrastruktur melalui prakarsa Build Back Better World (B3W), vaksin COVID-19 dan keamanan kesehatan global, serta pertumbuhan ekonomi di wilayah Indo-Pasifik.

Dari Liverpool, Blinken akan melanjutkan perjalanan ke Indonesia, Malaysia, dan Thailand, pada 13-16 Desember.

Di Jakarta, Menlu akan menyampaikan pidato tentang kawasan Indo-Pasifik yang signifikan dan menggarisbawahi pentingnya Kemitraan Strategis AS-Indonesia. Selama kunjungan di Asia Tenggara ini, di setiap negara, Blinken akan membahas krisis yang kian memburuk di Myanmar.

BACA JUGA: Presiden Jokowi Harap AS Jadi Mitra Utama Pembangunan Ketahanan Kesehatan ASEAN

Dia juga akan bertemu dengan pejabat pemerintahan, pemimpin organisasi masyarakat sipil, pemangku kepentingan bisnis, dan personel kedutaan AS.

Blinken akan mengakhiri lawatannya dengan berkunjung ke Honolulu, Hawaii, pada 17 Desember untuk bertemu dengan Komandan INDOPACOM Laksamana John Aquilino.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini