Share

AS Rilis Ribuan Dokumen Rahasia Terkait Pembunuhan John F. Kennedy

Rahman Asmardika, Okezone · Kamis 16 Desember 2021 15:31 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 16 18 2518063 as-rilis-ribuan-dokumen-rahasia-terkait-pembunuhan-john-f-kennedy-5D6MlHpgr9.jpg Presiden Amerika Serikat ke-35 John F. Kennedy. (Foto: Reuters)

WASHINGTON - Pemerintahan Joe Biden telah merilis dokumen rahasia terkait pembunuhan Presiden Amerika Serikat (AS) Ke-35 John F. Kennedy. Dokumen itu dirilis meskipun telah disunting dan masih ada ribuan dokumen yang sepenuhnya ditahan.

Koleksi terbaru dari file Kennedy yang dirilis itu terdiri dari lebih dari 1.400 dokumen, dan dapat dibaca di situs Arsip Nasional, tetapi ribuan lainnya masih ditahan. Dokumen-dokumen yang dirilis termasuk suntingan, mirip dengan ketika mantan Presiden Donald Trump merilis sekira 3.000 file pada 2017.

BACA JUGA: Peristiwa 22 November: John F Kennedy Tewas Ditembak

Perilisan dokumen itu telah diamanatkan oleh Kongres pada 1992, demikian diwartakan RT.

Kennedy dibunuh pada 22 November 1963 saat bepergian dengan iring-iringan mobil melalui Dealey Plaza di Dallas, Texas.

Pihak berwenang dengan cepat menangkap Lee Harvey Oswald sebagai tersangka pelaku penembakan tersebut. Pihak berwenang mengklaim Oswald menembak Kennedy dari jendela lantai enam sebuah gedung di dekat lokasi.

BACA JUGA: Bahaya Kerap Mengancam, Ini Daftar Kepala Negara yang Tewas Dibunuh

Oswald mengatakan kepada media bahwa dia adalah kambing hitam, sebelum dia ditembak mati saat berada dalam tahanan polisi, dua hari setelah pembunuhan Kennedy. Pelaku pembunuhan Oswald, Jack Ruby ditangkap dan akan dijatuhi hukuman mati, namun dia meninggal saat berada di penjara.

Para pejabat berwenang kemudian mengklaim bahwa Oswald bekerja sendirian.

Teori konspirasi beredar liar selama bertahun-tahun sejak kematian Kennedy, salah satunya, dan yang paling terkenal diangkat oleh sutradara Oliver Stone dalam film pemenang Oscar “JFK”. Ada juga teori yang menuding Badan Intelijen Pusat AS (CIA) bekerja di belakang pemerintah AS mendalangi pembunuhan Kennedy.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut bersama Lifebuoy x MNC Peduli Tengah Berlangsung!

Perilisan file Kennedy ini telah dikritik oleh para ahli teori, karena redaksi dan pemotongan informasi kemungkinan berarti tidak ada petunjuk penting yang akan dirilis secara publik oleh pemerintah untuk memvalidasi teori tentang kematian presiden.

Pengacara dan aktivis Larry Schnapf bahkan mengumumkan bahwa ia akan menuntut Biden dengan maksud untuk mendapatkan dokumen yang dirilis secara keseluruhan.

Presiden Joe Biden mengklaim penyuntingan itu diperlukan untuk “melindungi dari bahaya yang dapat diidentifikasi terhadap pertahanan militer, operasi intelijen, penegakan hukum, atau perilaku hubungan luar negeri yang sedemikian beratnya sehingga melebihi kepentingan publik dalam pengungkapan segera.”

File Kennedy yang tersisa dijadwalkan akan dirilis pada 15 Desember 2022 setelah tinjauan keamanan, kemungkinan berarti lebih banyak redaksi. Menurut Arsip Nasional, sekitar 90% dari catatan telah dirilis sejauh ini.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini