Share

AS Catat Jumlah Badai Terbanyak sejak 2004, Capai 59 Laporan

Agregasi VOA, · Jum'at 17 Desember 2021 11:20 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 17 18 2518464 as-catat-jumlah-badai-terbanyak-sejak-2004-capai-59-laporan-QIWngEh4oa.jpg Angin topan hancurkan bangunan di Kentucky beberapa waktu lalu (Foto: VOA)

WASHINGTON - Badan Urusan Cuaca Amerika Serikat (NWS) mengatakan lebih banyak angin topan dilaporkan terjadi pada Rabu (15/12), setidaknya sejak tahun 2004, karena cuaca buruk yang tidak biasa di Midwest, AS. Angin topan adalah angin yang berkekuatan sedikitnya 120 kilometer per jam.

NWS mengatakan ada 59 laporan angin topan ketika sistem cuaca buruk bergerak dari Kansas dan Nebraska di dataran besar ke timur laut, melintasi negara-negara bagian Iowa, Minnesota dan Wisconsin. NWS juga melaporkan tidak ada hari lain yang mencatat badai sebanyak itu di luar bulan-bulan musim panas yang lebih hangat, apalagi di akhir tahun.

NWS mengatakan bersama dengan 21 tornado yang tercatat hari Rabu (15/12), ada pula 509 laporan angin kencang dan 19 laporan hujan es yang parah dengan ukuran batu es mencapai lima sentimeter atau lebih besar.

Baca juga: Lousiana Amerika Serikat Dihantam Badai Laura dengan Kecepatan 240 Km/Jam

Suhu hangat yang tidak sesuai musim juga dilaporkan terjadi di semua wilayah. Di Wisconsin dan Minnesota, dua wilayah dengan suhu rata-rata mencapai minus dua derajat Celsius dan suhu malam hari mendekati 12 derajat Celsius, beberapa daerah kini bahkan melaporkan suhu yang mendekati 21 derajat Celsius. Sistem ini terjadi setelah tornado dahsyat akhir pekan lalu yang melintasi sebagian Arkansas, Missouri, Tennessee, Illinois dan Kentucky – yang menewaskan sedikitnya 85 orang.

Baca juga: Angin Topan Bikin India Evakuasi Ribuan Penduduk di Tengah Pandemi

Pakar meteorologi melaporkan suhu air yang luar biasa hangat dan suhu udara dari Teluk Meksiko yang mungkin memicu terjadinya cuaca buruk yang tidak sesuai musim di AS.

(sst)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini