Share

Ratusan Jejak Kaki Dinosaurus Ditemukan di Tambang Tanah Liat

Susi Susanti, Okezone · Jum'at 17 Desember 2021 12:47 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 17 18 2518514 ratusan-jejak-kaki-dinosaurus-ditemukan-di-tambang-tanah-liat-7VhSocV7GL.jpg Ratusan jejak kaki dinosaurus ditemukan di tambang tanah liat (Foto: CNN)

WARSAWA – Ratusan jejak kaki dinosaurus, yang terpelihara dengan baik sehingga kulit bersisiknya dapat terlihat, telah ditemukan di Polandia. Ahli geologi mengatakan penemuan ini memberikan wawasan tentang ekosistem yang kompleks sekitar 200 juta tahun yang lalu.

Digambarkan oleh Institut Penelitian Nasional-Institut Geologi Polandia sebagai harta karun, jejak kaki dan tulang ini ditemukan di tambang tanah liat terbuka di Borkowice, 130 kilometer (80 mil) selatan Warsawa.

"Dalam jejak yang ditinggalkan dinosaurus, Anda dapat membaca perilaku dan kebiasaan mereka... kami memiliki jejak dinosaurus yang berlari, berenang, beristirahat, dan duduk," kata ahli geologi Grzegorz Niedzwiedzki.

Baca juga:  Jejak Kaki Dinosaurus Pemakan Daging Ditemukan di Pantai

Jejak kaki dinosaurus karnivora terbesar memiliki panjang 40 sentimeter (15,7 inci) dan dalam banyak kasus kulitnya dapat dilihat secara detail.

"Agar keadaan pelestarian seperti itu menjadi mungkin, urutan peristiwa yang sangat khusus harus terjadi dalam waktu singkat," kata ahli geologi Grzegorz Pienkowski dalam sebuah pernyataan.

Baca juga: Luar Biasa! Bocah Kecil Ini Temukan Jejak Dinosaurus Berusia 220 Juta Tahun

Beberapa ratus jejak dinosaurus, yang mewakili setidaknya tujuh spesies, telah ditemukan dan ahli geologi mengatakan mereka kemungkinan akan menemukan lebih banyak lagi. Mereka juga menemukan fragmen tulang dari hewan dan ikan.

(sst)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini