Share

AS Izinkan Pil Aborsi Dikirim via Pos

Antara, · Jum'at 17 Desember 2021 14:24 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 17 18 2518588 as-izinkan-pil-aborsi-dikirim-via-pos-6OahMfvhaQ.jpg Aktivis anti aborsi menggelar demonstrasi (Foto: Antara/Reuters)

NEW YORK - Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA) pada Kamis (16/12) mengatakan akan melonggarkan pembatasan penggunaan pil aborsi secara permanen, sehingga memudahkan untuk mendapatkannya via pengiriman pos.

Keputusan itu muncul saat hak untuk melakukan aborsi, yang ditetapkan dalam putusan Mahkamah Agung 1973 Roe v. Wade, tergantung pada keseimbangan.

Dampak dari perubahan aturan FDA tersebut, yakni pasien tidak perlu lagi mendatangi klinik, kantor medis atau rumah sakit untuk mendapatkan obat, yang umumnya dikenal mifepristone. Pasien bisa mendapatkan pil aborsi lewat pos dari apotek atau resep bersertifikat.

 Baca juga: FDA AS Setujui Vaksin Booster Covid-19, Tunggu Persetujuan CDC

Perubahan itu sepertinya akan membuat perdebatan politik AS tentang aborsi kian memanas.

Hakim Mahkamah Agung yang konservatif mengindikasikan dalam argumen lisan 1 Desember tentang larangan aborsi di Mississippi pada kehamilan 15 minggu bahwa mereka terbuka untuk mencabut atau membatalkannya secara keseluruhan. Sebuah keputusan yang akan ditetapkan pada akhir Juni.

Baca juga:  FDA Setujui Vaksin Covid-19 Pfizer untuk 16 Tahun

Pembatasan pil aborsi diberlakukan sejak FDA menyetujui obat tersebut pada 2000 dan dihapus sementara oleh pemerintah awal tahun ini karena pandemi.

Proses aborsi menggunakan dua obat yang dikonsumsi selama satu atau dua hari.

Obat pertama mifepristone digunakan untuk mencegah hormon progesteron pendukung kehamilan. Sementara obat kedua, misoprostol, untuk menginduksi kontaksi rahim.

(sst)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini