Share

Afsel Desak Pelelangan Kunci Penjara Nelson Mandela Dihentikan

Susi Susanti, Okezone · Sabtu 25 Desember 2021 11:13 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 25 18 2522439 afsel-desak-pelelangan-kunci-penjara-nelson-mandela-dihentikan-kggdxEMyHH.jpg Afsel desak pelelangan kunci sel tahanan Nelson Mandela dihentikan (Foto: The Economic Times)

AFRIKA SELATAN - Afrika Selatan (Afsel) menuntut penghentian lelang kunci sel penjara di Pulau Robben yang pernah dihuni mantan Presiden Nelson Mandela.

Penjualan kunci ini akan jatuh tempo pada Januari mendatang di New York oleh rumah lelang Guernsey. Penjualnya adalah Christo Brand, mantan penjaga penjara Mandela di penjara terkenal itu.

Menteri kebudayaan Afsel Nathi Mthethwa memrotes hal itu karena tidak ada konsultasi dengan pemerintah.

"Kunci ini milik rakyat Afrika Selatan," katanya.

"Itu bukan milik pribadi siapa pun,"lanjutnya.

Rumah lelang Guernsey mengatakan lelang yang direncanakan pada 28 Januari mendatang untuk mengumpulkan dana untuk taman peringatan dan museum di sekitar lokasi pemakaman Mandela.

 Baca juga: Menengok Rumah Nelson Mandela yang "Disulap" Jadi Hotel, Tertarik Menginap?

Kunci sel penjara adalah salah satu dari beberapa barang yang disiapkan untuk dijual. Sorotan lainnya termasuk lukisan asli Mandela The Lighthouse, Robben Island, serta sepeda latihan yang digunakan Mandela dan raket tenis penjara.

Mandela, yang merupakan pahlawan nasional di Afrika Selatan, menghabiskan 18 hingga 27 tahun waktunya di penjara di Pulau Robben. Brand kemudian menjadi teman dekat Mandela.

Baca juga: Peristiwa 5 Desember Geger Peristiwa Sinterklas Hitam hingga Nelson Mandela Meninggal

Pulau yang terkenal buruk itu, dalam jarak pandang dari kota Cape Town dan Table Mountain, memperoleh namanya dari anjing laut yang pernah menghuninya dalam jumlah banyak. Robben adalah kata Belanda untuk anjing laut.

Mandela dibebaskan pada tahun 1990 ketika Afrika Selatan mulai menjauh dari pemisahan rasial yang ketat (apartheid) - sebuah proses yang diselesaikan oleh pemilihan multi-ras pertama pada tahun 1994 ketika ia terpilih sebagai presiden kulit hitam pertama di negara itu.

Mandela menjalani satu masa jabatan, mengundurkan diri pada 1999. Dia meninggal pada 2013 dalam usia 95 tahun.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini