Share

2 Pembantu Dekat Paus Dinyatakan Positif Covid-19, Tokoh Vatikan Paling Senior

Susi Susanti, Okezone · Rabu 19 Januari 2022 14:08 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 19 18 2534543 2-pembantu-dekat-paus-dinyatakan-positif-covid-19-tokoh-vatikan-paling-senior-qKG1P9o5nk.jpg Paus Fransiskus (Foto: Rappler)

VATIKAN - Sekretaris Negara Vatikan Kardinal Pietro Parolin dilaporkan positif Covid-19 setelah menunjukkan gejala sangat ringan. Sedangkan Wakilnya, Uskup Agung Edgar Pena Parra, juga positif, meskipun tanpa gejala.

Kedua pria itu adalah tokoh Vatikan paling senior yang dites positif terkena virus sejauh ini. Menurut media lokal, gereja belum mengungkapkan kapan kontak terakhir mereka dengan Paus Fransiskus terjadi, meskipun Parolin dilaporkan dites antara Minggu (16/1) dan Senin (17/1) setelah menunjukkan gejala.

Paus telah mendesak para pengikutnya untuk mendapatkan vaksinasi untuk Covid-19, yang menyatakan bahwa vaksin adalah “tindakan cinta” dan jika tidak melakukannya itu dianggap sebagai “bunuh diri.” Seperti diketahui, Paus telah menerima setidaknya dua suntikan Pfizer-BioNTech, dan para wakilnya juga divaksinasi.

Baca juga: Paus Kecam Informasi Hoaks tentang Vaksin Covid-19

Sementara satu faksi Katolik diketahui menentang vaksin dengan alasan bahwa mereka dikembangkan menggunakan jaringan dari janin yang diaborsi sehingga tidak bermoral.

Namun Vatikan bersikukuh mengklaim vaksin tetap bisa diterima secara moral, terlepas dari faktor janin.

Baca juga: Indonesia Bakal Kedatangan 1,4 juta vaksin AstraZeneca dalam 2 Tahap

Bulan lalu, Vatikan mengumumkan vaksinasi wajib untuk semua karyawan. Parolin memberlakukan sistem "pass super hijau" yang mirip dengan Italia, yang memerlukan bukti vaksinasi atau pemulihan baru-baru ini dari virus. Sebelumnya, orang yang masuk ke Vatikan juga bisa menunjukkan hasil tes Covid-19 negatif.

(sst)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini