Share

Tak Pakai APD, Pekerja Harian Ini Jatuh dari Tower Setinggi 20 Meter

edy gustan, Koran SI · Kamis 27 Januari 2022 13:50 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 27 340 2538674 tak-pakai-apd-pekerja-harian-ini-jatuh-dari-tower-setinggi-20-meter-Cj7HmQBnu9.jpg Foto: Illustrasi freepick

SUMBA - Seorang pekerja harian lepas (PHL) terjatuh dari atas tower setinggi 20 meter di dekat Kantor Camat Maluk, Desa Benete, Sumbawa Barat. Korban diketahui bernama Soni Hidayat.

Kapolres Sumbawa Barat, AKBP Heru Muslimin, melalui Kasi Humas Polres Sumbawa Barat Ipda. Eddy Soebandi Adirejo membenarkan peristiwa itu. Peristiwa itu diduga atas kelalaian pekerja lantaran memanjat tower tanpa menggunakan alat pengaman.

"Ini dikarenakan ada kelalaian pekerja tanpa mengikuti Standar Presedur Operasional (SOP) yaitu tidak mengenakan Alat Pelindung Diri (APD) seperti Harnes," ujar Eddy Soebandi kepada wartawan, Kamis (27/1/2022).

Baca juga:  Lima Pekerja Kopra Tewas Keracunan di Dalam Kapal

Peristiwa yang terjadi pada Rabu, 26 Januari 2022 sekitar pukul 12.15 Wita itu mengakibatkan korban mengalami luka serius. Eddy mengatakan, peristiwa bermula ketika korban bersama dua rekannya yakni Hardiyansyah dan Hafitriyansyah mendapat tugas pemasangan monting pada tower yang belakangan disebut sebagai tower salah satu kartu profider.

Eddy menjelaskan, Hafitriansyah di hubungi melalui via telepon oleh staf salah satu provider kartu seluler untuk pemasangan monting di Maluk. Keesokan harinya pukul 11.15 wita Hafitriansyah bersama korban dihantar oleh Hardiansyah menggunakan mobil Pick Up, sesampai di lokasi, ketiganya langsung memasang perangkat monting.

Baca juga:  5 Pekerja Kesetrum saat Pasang Tiang Internet, 1 Diantaranya Tewas

"Hafitriansyah dan korban naik ke atas tower tanpa menggunakan APD untuk pemasangan perangkat monting tersebut," kata Eddy.

Saat kedua kawannya naik ke atas tower, Hardiansyah menunggu di bawah, setelah itu Hafitriansyah turun lebih dulu untuk istirahat sedangkan korban masih bekerja di atas tower dengan ketinggian 20 meter untuk memasang perangkat penguat sinyal.

Tiba-tiba tubuh Soni jatuh dari atas tower sehingga teman kerjanya yang lagi istirahat lari melihat dan langsung membawa korban ke UPTD Puskesmas Maluk. Saat itu Soni masih dalam keadaan sadar.

"Selanjutnya korban mendapat penanganan awal dari tim medis. Selanjutnya korban dilarikan ke RSUD Assyifa, Sumbawa Barat," pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini