Share

Gempa Guncang Selandia Baru, Tidak Berpotensi Tsunami

Susi Susanti, Okezone · Sabtu 29 Januari 2022 13:21 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 29 18 2539735 gempa-guncang-selandia-baru-tidak-berpotensi-tsunami-hBoIP3kxTa.jpg Ilustrasi gempa bumi (Foto: Freepik)

SELANDIA BARU - Badan Manajemen Darurat Nasional (NEMA) mengatakan gempa di wilayah Kepulauan Kermadec tidak menyebabkan tsunami yang akan mempengaruhi Selandia Baru.

Gempa terjadi pada pukul 15:46 pada Sabtu (29/1) dengan kekuatan magnitudo 6,6. Survei Geologi Amerika Serikat (USGS) mengatakan gempa tu terjadi pada kedalaman 10 km.

NEMA dan GNS Science dengan cepat menilai risiko tsunami, dan dalam pembaruan NEMA mengatakan bahwa banjir pantai - banjir di wilayah daratan - diperkirakan bukan merupakan akibat gempa.

Baca juga: Gempa M6,4 Guncang Selandia Baru

Tidak ada ancaman tsunami ke Selandia Baru setelah gempa M6.4 di wilayah Kermadec Islands. Berdasarkan informasi terkini, penilaian gempa tersebut kemungkinan tidak menimbulkan tsunami yang akan mengancam Selandia Baru.

"Berdasarkan informasi saat ini, penilaian bahwa gempa tersebut tidak mungkin menyebabkan tsunami yang akan menjadi ancaman bagi Selandia Baru," kata NEMA di situsnya.

Baca juga:  Gempa M5,1 Guncang Malang, BMKG Ungkap Penyebabnya

Gempa itu terjadi dua minggu setelah gelombang kuat menyusul letusan gunung berapi Tonga melanda Northland, menenggelamkan kapal dan menyebabkan kerusakan hingga jutaan dolar.

Lebih dari 120 orang melalui Far North dievakuasi karena gelombang yang kuat. Sedangkan beberapa perahu, tambatan dan dermaga rusak.

(sst)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini