Share

Kronologi Teroris KKB Secara Brutal Tembak Karyawan dan Bakar Rumah Warga

Antara, · Minggu 20 Februari 2022 20:23 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 20 340 2550263 kronologi-teroris-kkb-secara-brutal-tembak-karyawan-dan-bakar-rumah-warga-eRgWQ8ele1.jpg Ilustrasi (Foto: Dok Okezone)

PAPUA - Teroris Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua melakukan penembakan secara brutal. Usai menembak pasukan anggota Kopasgat TNI AU di Bandara Aminggiru, Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua, mereka menembak karyawan PT MTT saat melintas di dekat tugu kampung Kago, Distrik Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua, Sabtu, 19 Februari 2022.

Kabid Humas Polda Papua Kombes Ahmad Kamal di Jayapura mengungkapkan, dari laporan yang diterima terungkap saat itu korban bersama temannya sedang menggunakan truk PT MTT. Mereka ingin menuju Kampung Kago, Distrik Ilaga, Kabupaten Puncak.

Baca Juga:  Belum Dievakuasi, 2 Korban Penembakan Teroris KKB Masih Dirawat di Ilaga

Sesampainya di dekat tugu Kampung Kago, tiba-tiba teroris KKB melakukan penyerangan dengan menembaki truk PT MTT. Hingga mengakibatkan karyawan PT MTT, Glen Sumampow terkena luka tembak pada rusuk kiri tembus rusuk kanan atas. Korban saat ini masih dirawat di Puskesmas Ilaga.

"Penembakan terjadi sekitar pukul 15.30 WIT," kata Kabid Humas Polda Papua Kombes Ahmad Kamal di Jayapura, Minggu (20/2/2022).

Setelah kejadian, terlihat asap dari Kampung Wako, yang ternyata salah satu unit rumah yang merupakan mess karyawan PT MTT sudah terbakar habis.

Baca Juga: Brutal! Usai Menembak Pasukan Elite, Teroris KKB Juga Tembak Karyawan dan Bakar Rumah Warga

Dikatakan Kamal, sebelumnya sekitar pukul 07.35 WIT teroris KKB juga dilaporkan menembaki anggota Paskhas TNI-AU yang bertugas di bandara Aminggaru. Akibatnya, seorang prajurit bernama Praka Fermansyah mengalami luka.

"Kami menyayangkan hal seperti itu terjadi, karena TNI-Polri selalu berupaya melaksanakan kegiatan dengan penuh kedamaian namun sebaliknya KKB masih saja melakukan aksi kekerasan termasuk ke warga sipil," katanya.

Evakuasi korban yang seharusnya dilakukan pada hari ini, juga ditunda karena terkendala cuaca. Korban saat ini masih dirawat di Ilaga.

"Memang benar kedua korban penembakan baik itu Praka Hermansyah, anggota Kopasgat/Paskhas TNI-AU dan Glenn Sumampow, belum dievakuasi karena terkendala cuaca," kata Danrem 173/PVB Brigjen TNI Taufan Gastoro seperti dikutip Antara.

Awalnya kedua korban dijadwalkan dievakuasi menggunakan helikopter Caracal milik TNI-AU. Namun, bila besok, Senin 21 Februari cuaca bersahabat, korban akan dievakuasi.

"Mudah-mudahan Senin (21/2) cuaca cerah sehingga evakuasi dapat dilakukan," harap Brigjen TNI Taufan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini