Share

Eropa Tutup Wilayah Udara ke Maskapai Penerbangan, Rusia Evakuasi Warganya

Susi Susanti, Okezone · Senin 28 Februari 2022 12:05 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 28 18 2554138 eropa-tutup-wilayah-udara-ke-maskapai-penerbangan-rusia-evakuasi-warganya-URRj8dYtVH.jpg Rusia evakuasi warganya dari Eropa (Foto: AFP)

RUSIA - Pemerintah Rusia telah mengumumkan rencana untuk mengevakuasi warganya dari Eropa, setelah serangkaian negara-negara Eropa menutup wilayah udara mereka kepada semua maskapai penerbangan Rusia di tengah konflik militer Moskow dengan Kiev.

Agen transportasi udara federal Rusia dan Badan Pariwisata Federal mengungkapkan pada Minggu (27/2) bahwa mereka bekerja dengan Kementerian Luar Negeri Rusia untuk mengevakuasi Rusia dari negara-negara Eropa ketika mereka terus memaksakan sanksi pada Rusia, memotong pesawat Rusia dari pesawat mereka.

"Pekerjaan untuk mengatur evakuasi warga Rusia dari negara-negara Eropa sedang dilakukan oleh Federal Air Transport Agency bersama dengan Kementerian Luar Negeri Rusia dan Badan Pariwisata Federal. Setelah mengklarifikasi kapasitas tercatat yang diperlukan, jadwal akan dibentuk,” terang pernyataan itu.

Baca juga: Ukraina Tuduh Rusia Rencanakan Genosida di Pengadilan PBB

"Maskapai penerbangan Rusia siap untuk memenuhi kewajiban mereka kepada penumpang dan mengantarkan mereka pulang, tunduk pada pendekatan yang fleksibel dan keputusan konstruktif dari otoritas penerbangan negara-negara Eropa tentang masalah ini," lanjutnya.

Baca juga: Rusia Akui Tentaranya Jadi Korban, Hancurkan 254 Tank hingga Jatuhkan 31 Pesawat

Agensi menyarankan Rusia di Eropa untuk mendaftar di aplikasi smartphone Asisten Asing Menteri Luar Negeri Rusia.

Lebih dari selusin negara-negara Eropa telah menutup wilayah udara mereka untuk operator Rusia serta jet pribadi dari Rusia. Berbicara pada Minggu (27/2), Presiden Komisi Eropa Ursula Von Der Leyen mengatakan bahwa tujuan Uni Eropa (UE) adalah menyangkal semua akses pesawat Rusia ke blok, yang berarti mereka tidak akan dapat terbang di atas blok atau mendarat di setiap bandara di dalamnya.

Pada Minggu (27/2), Carrier Aeroflot Flagship Rusia mengumumkan membatalkan semua penerbangan ke Eropa.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini