Share

56 Kelurahan di 14 Kecamatan di Kota Medan Terdampak Banjir

Antara, · Kamis 03 Maret 2022 13:15 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 03 340 2555757 56-kelurahan-di-14-kecamatan-di-kota-medan-terdampak-banjir-QHsUnA4LAS.jpeg Walkot Medan Bobby Nasution memantau warga terdampak banjir. (Foto: Antara)

MEDAN - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Medan menyebut, sebanyak 56 kelurahan di 14 kecamatan terdampak banjir kiriman dan buruknya tata kelola drainase di daerah ini.

"Selain itu akibat banjir kali ini tercatat 4.306 kepala keluarga dievakuasi ke kantor lurah, sekolah dan rumah ibadah," ujar Kepala BPBD Kota Medan, M Husni di Medan, Rabu (2/3/2022).

Pemkot Medan bersama lembaga pemerintah non departemen telah mendirikan posko evakuasi guna menyelamatkan warga terdampak banjir akibat rumahnya terendam air.

Baca juga: Banjir yang Menggenangi 51 Rumah Warga Langkat Berangsur Surut

Sebagaimana diketahui, hujan yang turun di hulu sungai di Kabupaten Karo dan Kabupaten Deli Serdang pada Minggu (27/2) hingga Senin (28/2), mengakibatkan banjir melanda hilir sungai di Kota Medan.

"Kita juga telah membuka posko evakuasi induk berkolaborasi dengan OPD terkait dan komunitas masyarakat, seperti Tagana, Kogana, Skin dan lain-lain," ucapnya.

"Total ada 20 lokasi evakuasi yang dilakukan. Selama banjir terjadi, kita sudah mengevakuasi sebanyak 415 warga. Dan mereka ini kita tempatkan di lokasi penampungan yang telah disiapkan," sambung Husni.

Baca Juga: Dukung Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan, Kabupaten Morowali Hibahkan Tanah ke KKP

Di samping itu, lanjut dia, Pemkot Medan menambah posko penanggulangan bencana berkolaborasi OPD terkait, di antaranya Dinas Sosial membuka dapur umum dan Dinas Kesehatan pelayanan kesehatan.

"Guna mempermudah proses evakuasi, kita juga telah mendirikan 16 posko evakuasi yang tersebar di 14 kecamatan terdampak banjir. Distribusi bantuan kita laksanakan secara kolektif," jelas Husni.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini