Share

PLTN Zaporizhzhia Sempat Terbakar, Ukraina: Pasokan Energi Tidak Bermasalah

Rahman Asmardika, Okezone · Sabtu 05 Maret 2022 11:18 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 05 18 2556723 pltn-zaporizhzhia-sempat-terbakar-ukraina-pasokan-energi-tidak-bermasalah-vi57BEmjWy.jpg Rekaman kamera pengawas memperlihatkan suar api di PLTN Zaporozhzhia, Ukraina, 4 Maret 2022. (FotoL Reuters)

KIEV – Pemerintah Ukraina menuding Rusia berusaha menyerang sistem pasokan energinya dengan mengebom pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN) Zaporizhzhia dan menyebabkan kebakaran di PLTN terbesar Eropa itu pada Jumat (4/3/2022). Namun, Kiev menegaskan bahwa sejauh ini pasokan energinya tidak mengalami masalah.

BACA JUGA: PLTN Ukraina Terbakar, AS Aktifkan Tim Respons Nuklir 

“Terlepas dari serangan terhadap PLTN Zaporizhzhia, sistem energi Ukraina beroperasi secara stabil. Konsumen dan Angkatan Bersenjata Ukraina mendapat pasokan listrik,” kata pejabat Ukrenergo dalam pernyataan pemerintah Ukraina, Jumat.

Disampaikan juga bahwa tidak ada perubahan dalam status radiasi di Zaporizhzhia dan badan nuklir PBB IAEA akan melakukan inspeksi darurat ke PLTN tersebut.

Ukrenergo mengatakan bahwa tidak ada alasan untuk membatasi konsumsi listrik di negara itu.

Meski begitu, Ukrenergo mencatat bahwa di sejumlah wilayah dimana pertempuran masih berlangsung jumlah warga yang tidak mendapat pasokan energi dan gas semakin bertambah. Disampaikan bahwa upaya perbaikan akan dilakukan setelah spesialis dari otoritas itu bisa sampai ke jaringan listrik dan gardu induk yang rusak.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, PLTN Zaporizhzhia mengalami kebakaran pada Jumat, memunculkan kekhawatiran akan bencana nuklir. Pihak Ukraina menuding serangan Rusia sebagai penyebab kebakaran sementara Moskow mengatakan bahwa insiden itu disebabkan oleh penyabit Ukraina.

(dka)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini