Share

Rekaman Saat-Saat Terakhir Tunjukkan Pesawat Boeing 737 China Eastern Jatuh Menukik Vertikal

Rahman Asmardika, Okezone · Selasa 22 Maret 2022 13:52 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 22 18 2565818 rekaman-saat-saat-terakhir-tunjukkan-pesawat-boeing-737-china-eastern-jatuh-menukik-vertikal-zfevF7auyt.jpg Rekaman menunjukkan pesawat Boeing 737-800 China Eastern jatuh menukik di Provinsi Guangxi, China, 22 Maret 2022. (Foto: Tangkapan layar)

BEIJING – Rekaman video yang menunjukkan saat-saat jatuhnya pesawat Boeing 737-800 China Eastern telah beredar di media sosial. Pesawat yang membawa 132 orang itu jatuh di pegunungan Tengxian, Provinsi Guangxi, China pada Senin (21/3/2022) sore.

Dalam rekaman tersebut terlihat pesawat menukik secara hampir vertikal ke tanah dengan kecepatan tinggi. Benturan pesawat dengan tanah menyebabkan kebakaran yang cukup besar hingga terlihat di citra satelit NASA, menciptakan kawah besar di lereng bukit.

"Pesawat itu jatuh secara vertikal dari langit," kata seorang penduduk lokal yang dikutip Beijing Youth Daily.

Diwartakan ABC News, penerbangan China Eastern Airlines MU5735 itu sedang dalam perjalanan dari Kota Kunming, ibu kota Provinsi Yunnan, ke Guangzhou, ibu kota Guangdong, ketika pesawat itu jatuh.

Tim penyelamat belum menemukan satu pun yang korban selamat di antara puing-puing yang berserakan di lokasi jatuhnya pesawat.

"Puing-puing pesawat ditemukan di tempat kejadian, tetapi sampai sekarang, tidak satu pun dari mereka yang kehilangan kontak telah ditemukan," kata penyiar CCTV pada Selasa (22/3/2022) pagi, lebih dari 18 jam setelah kecelakaan itu.

Sementara tim penyelamat bekerja untuk menentukan jumlah orang yang tewas, penyelidik akan memeriksa puing-puing dan perekam penerbangan untuk mencari faktor-faktor yang dapat menyebabkan pesawat itu jatuh secara vertikal dan menabrak pegunungan dengan kecepatan tinggi.

Catatan keselamatan industri penerbangan China termasuk yang terbaik di dunia selama dekade terakhir.

Menurut Aviation Safety Network, kecelakaan jet fatal terakhir China terjadi pada 2010, ketika 44 dari 96 orang di dalamnya tewas ketika jet regional Embraer E-190 yang diterbangkan oleh Henan Airlines jatuh saat mendekati bandara Yichun dalam visibilitas rendah.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini